Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal Tahun Pelajaran 2009 /2010
Indonesia :
KHOLIDIN. 2010. NPM: 1108501110. PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTS.NURUL ISLAM RANDUDONGKAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010.
KATA KUNCI : BIMBINGAN KELOMPOK, PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh indikasi siswa yang mengalami hambatan dalam kegiatan belajar di sekolah, oleh karena itu perlu adanya usaha-usaha untuk membantunya dan salah satunya dengan menyelenggarakan bimbingan kelompok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok,Dalam upaya membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajarnya di sekolah pada siswa MTs.Nurul Islam Randudongkal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok,bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa,serta bagaimana Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs.Nurul Islam Randudongkal Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian komparasi.. Variabel bebasnya adalah bimbingan kelopok sebagai variable bebas ( X ) dan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa sebagai variabel terikatnya ( Y ). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs.Nurul Islam Randudongkal, berjumplah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan t- tes.
Berdasarkan hasil dapat disimpulkan : Bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII MTs.Nurul Islam Randudongkal dengan koefisien t-hit = 2,865 Harga koefisien t-hit = 2,865 tersebut bila dikonsultasikan dengan table t pada tarif signifikasi 5 % dengan db = 39 yaitu sebesar = 2,70. Maka 2.865>2,70. Koefisien t-tes sebesar 2,865 tersebut diterima pada taraf signifikansi 5%.
Peningkatan Motivasi Belajar dari sebelum treatment dan setelah treatment adalah 28,65 %. Hal ini berarti bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII MTs.Nurul Islam Randudongkal Kabupaten Pemalang memberikan konstribusi sebesar 28,65 % sedang sisanya yaitu sebesar 73,35 % ditentukan oleh factor factor lainya.
Selanjutnya dapat direkomendasikan beberapa hal antara lain adalah perlu kiranya disadari oleh orang tua bahwa keberhasilan anak tidak hanya diserahkan sekolah saja akan tetapi peranan orang tua merupakan tanggung jawabnya terhadap pendidikan anaknya,agar orang tua perlu berpartisapasi aktif dalam membantu keberhasilan belajar anaknya khususnya membantu meningkatkan motivasi belajar,dengan bimbingan kelompok belajar diharpkan dapat meningkatkan motivasi belajar , maka perlu kiranya sekolah mengaktifkan peranan guru pembimbing/guru kelas untuk mengaktifkan bimbingan kelompok.
Inggris :
KHOLIDIN. 2010. NPM: 1108501110. PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTS. NURUL ISLAM RANDUDONGKAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
KATA KUNCI : BIMBINGAN KELOMPOK, PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR.
This research was indicated by the problems of students in learning at school, so that it was really necessary to solve the problems by helping and building a group guidance ( bimbingan kelompok ). The problems of this research was how huge of the influence of group guidance for improving a motivation in students learning of the eighth grade students MTs. Nurul Islam Randudongkal. The research was aimed to know about group guidance service, the improvement of students learning motivation, and the group guidanceinfluence in improvinglearning motivation of the eighth grade students MTs. Nurul Islam Randudongkal.
The research employed comparative method. Group guidance as a free variable ( X ) and students learning motivation as a tight variable ( Y ). There were 40 students of the eighth grade students MTs. Nurul Islam Randudongkal. The researcher used questionare and documentary. In this research was using t-tes.
The finding showed that group guidance could improve students improving motivation of the eighth grade students MTs. Nurul Islam Randudongkal with coefisien t hit = 2.865. If this finding was consulted with t-table of 5 % significance with db = 39 was 2.70. So 2.865>2.70, the t-test coefisien could be accepted in 5 % significance.
The improvement of students learning before and after treatment was 28.65 %. It means that group guidance could improve the students learning motivation of the eighth grade students MTs. Nurul Islam Randudongkal. It constributed 28.65% and the rest was 73.35 % depend on another factors.
The writer gives some solutions to solve the problems, they are : the achievement of students is not only depend on the school but the parents role give the important thing also. Parents take important role for helping the students learning achievement especially in improving learning motivation. The school has to activate the teachers role in Group Guidance
BK081091 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain