Skripsi
Peningkatan Kemampuan Berbicara dalam Bentuk Pidato Melalui Metode Ekstemporan pada Siswa Kelas XI IPA I SMA PGRI Slawi Tahun pelajaran 2008/2009
SAMSUDIN, MOHAMAD. 2009. Peningkatan Kemampuan Berbicara dalam Bentuk Pidato Melalui Metode Ekstemporan pada Siswa Kelas XI IPA I SMA PGRI Slawi Tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Pidato, Metode ekstemporan
Alasan pemilihan judul berawal dari tahun pelajaran 2008/2009 yang kebetulan penulis melakukan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) di SMA PGRI Slawi, penulis merasa kemampuan berbicara siswa di SMA PGRI Slawi kurang khususnya di kelas XI IPA I. Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA I SMA PGRI Slawi dapat ditingkatkan melalui metode ekstemporan.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut, Bagaimanakah kemampuan berbicara khususnya pidato siswa XI IPA 1 SMA PGRI Slawi, bagaimanakah pembelajaran berbicara khususnya pidato siswa XI IPA 1 SMA PGRI Slawi, bagaimanakah pengaruh metode ekstemporan dalam peningkatan kemampuan berbicara khususnya pidato XI IPA 1 SMA PGRI Slawi.
Penelitian ditempuh dalam 2 siklus. Indikator dalam penelitian ini adalah apabila secara individu siswa mampu mendapat nilai 65 dan tuntas belajar secara klasikal minimal 75%. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA I SMA PGRI Slawi Tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari tiga puluh dua siswa, lelaki tujuh dan siswa perempuan berjumlah dua puluh lima.
Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas belajar ada 22 siswa dan yang tidak tuntas belajar ada 10 siswa, dengan nilai rata-rata 68 atau daya serap 68%. Pada siklus II, siswa yang tuntas belajar ada 24 siswa dan yang tidak tuntas belajar ada 10 siswa dengan nilai rata-rata 73 atau 73%. karena target yang diharapkan sudah selesai maka proses penelitian dihentikan pada siklus kedua.
Simpulan yang dapat diambil yakni bahwa melalui Pidato dengan metode ektemporan dalam pelajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara di kelas XI IPA I SMA PGRI Slawi.
PBSID081054 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain