0,361), maka dapat disimpulkan instrument tersebut valid. Sedangkan pada tingkat reliabilitas diperoleh r-hitung 0,51 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,361, berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,51 > 0,361), maka instrument tersebut reliable. Setelah diadakan tes kepada siswa sampel, maka dapat disimpulkan data kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dalam membedakan predikat verba berobjek dan berpelengkap sebesar 75,5 tergolong baik. Siswa yang mendapat nilai 70 ke atas sebanyak 33 dengan jumlah persentase sebesar 84,61 % dan siswa yang mendapat nilai 70 ke bawah berjumlah 6 siswa dengan persentase sebesar 15,38." />
Skripsi
Kemampuan Membedakan Predikat Verba Berobjek dan Berpelengkap pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
FITRIANASARI, MEYLINDA. NPM 1506500570. 2010. "Kemampuan Membedakan Predikat Verba Berobjek dan Berpelengkap pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs.Burhan Eko Purwanto,M.Hum., Pembimbing II : Drs.Bowo Hermaji,M.Pd.
Kata kunci : Predikat verba, Predikat verba berobjek dan verba berpelengkap.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) bagaimanakah perbedaan predikat verba berobjek dan berpelengkap dari segi perilaku sintaktisnya, (2) bagaimanakah kemampuan membedakan predikat verba berobjek dan berpelengkap siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain : (1) mendeskripsikan perbedaan predikat verba berobjek dan berpelengkap dari segi perilaku sintaktisnya, (2) mendeskripsikan kemampuan membedakan predikat verba berobjek dan berpelengkap siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, sebanyak 39 siswa. Teknik penarikan Sampel menggunakan teknik acak berkelompok atau claster random sampling. Alat Pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu tes tertulis secara langsung berupa tes uji kemampuan membedakan predikat verba berobjek dan berpelengkap.Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu dengan merekap nilai siswa, menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase nilai.
Berdasarkan pada hasil penelitian, uji instrument sudah memenuhi tingkat validitas dan reliabilitas dengan diketahui N=30 dan taraf signifikan 5% dari tabel r-product moment. Tingkat validitas diperoleh r-hitung 0,921 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,361, berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,921 > 0,361), maka dapat disimpulkan instrument tersebut valid. Sedangkan pada tingkat reliabilitas diperoleh r-hitung 0,51 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,361, berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,51 > 0,361), maka instrument tersebut reliable.
Setelah diadakan tes kepada siswa sampel, maka dapat disimpulkan data kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dalam membedakan predikat verba berobjek dan berpelengkap sebesar 75,5 tergolong baik. Siswa yang mendapat nilai 70 ke atas sebanyak 33 dengan jumlah persentase sebesar 84,61 % dan siswa yang mendapat nilai 70 ke bawah berjumlah 6 siswa dengan persentase sebesar 15,38.
PBSID081037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain