0,374). Kemudian saran yang dianjurkan adalah bagi pihak sekolah terutama guru pembimbing, hendaknya memberikan perhatikan lebih terhadap prestasi belajar siswa, salah satu caranya adalah dengan mengadakan bimbingan belajar. Guru pembimbing juga hendaknya mengadakan kegiatan yang menarik sehingga siswa dapat secara sukarela mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Hendaknya siswa yang kurang memiliki prestasi belajar, mau mengikuti kegiatan bimbingan belajar dan kegiatan yang yang diadakan disekolah untuk meningkatkan prestasi belajar." />
Skripsi
Studi Korelasi Antara Persepsi Pelaksanaan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
RESMIASIH, NPM : 1106500306, 2010. Penelitian dengan judul "Studi Korelasi Antara Persepsi Pelaksanaan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Korelasi, Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan proses bimbingan belajar selama ini dalam pelaksanaan proses bimbingan belajar di sekolah menengah tingkat pertama ada berbagai tingkatan prestasi yang dicapai siswa.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan bimbingan belajar pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 Petarukan Pemalang. Oleh karena itu tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi pelaksanaan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 Petarukan Pemalang.
Adapun hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar siswa dengan pelaksanaan bimbingan belajar pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Seluruh siswa kelas VIII yang menjadi populasi juga dijadikan sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan tehnik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar siswa dengan pelaksanaan bimbingan belajar pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan hasil analisis menggunakan product moment dinilai r-hitung = 0,519, selanjutnya nilai r-hitung dikonsultasikan dengan r-tabel nilai teoritik pada taraf signifikan 5 % untuk N = 28 adalah r-tabel = 0,374 ternyata nilai r-hitung lebih besar dari pada r-tabel (0,519 > 0,374).
Kemudian saran yang dianjurkan adalah bagi pihak sekolah terutama guru pembimbing, hendaknya memberikan perhatikan lebih terhadap prestasi belajar siswa, salah satu caranya adalah dengan mengadakan bimbingan belajar. Guru pembimbing juga hendaknya mengadakan kegiatan yang menarik sehingga siswa dapat secara sukarela mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Hendaknya siswa yang kurang memiliki prestasi belajar, mau mengikuti kegiatan bimbingan belajar dan kegiatan yang yang diadakan disekolah untuk meningkatkan prestasi belajar.
BK081093 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain