Skripsi
Hubungan Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Mengarang Cerita Pada Siswa Kelas VII SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010
KHOERUNISA, 2010 Hubungan Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Mengarang Cerita Pada Siswa Kelas VII SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Skripsi Program Study Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M.Pd.., Pembimbing II Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Kata Kunci : Minat Membaca Sastra, Kemampuan Mengarang Cerita.
Alasan pemilihan judul berawal dari tahun pelajaran 2009 /2010 yang kebetulan penulis melakukan PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan ) di SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa, penulis ingin mengetahui bagaimana hubungan minat membaca sastra dengan kemampuan mengarang cerita siswa di SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa khususnya di Kelas VII. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi objektif minat membaca mastra dan kemampuan mengarang cerita siswa Kelas VII SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa. Manfaat ini bagi guru adalah penelitian dapat mengetahui sampai pada manakah hubungan antara siswa yang minat membaca sastra dengan siswa yang mampu mengarang cerita.
Penelitian ditempuh dalam dua siklus indicator. Secara individu siswa yang aktif membaca minimal mendapat nilai 80 dan mampu mengarang cerita minimal mendapat nilai 80. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa, Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010 yang terdiri dari empat puluh empat siswa.
Hasil penelitian pada siklus I, siswa mampu memperoleh dan melebihi skor yang telah ditentukan, yaitu dengan nilai 100, 98, 96, 95, 94, 93, 92, 89, 88, dan 87. Pada Siklus ke II, siswa mampu memperoleh dan melebihi nilai yang telah ditentukan, yaitu dengan nilai 100, 99, 98, 97, 96, 95, 94, 93, 92, 91, 90, 89, 88, dan 87. Karena target yang diharapkan sudah sesuai dengan proses penelitian di hentikan pada siklus kedua.
Simpulan yang dapat diambil yakni bahwa melalui membaca dapat meningkatkan kamampuan siswa dalam mengarang cerita di kelas VII SMP Ma'arif NU 02 Bumijawa.
PBSID081055 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain