Skripsi
Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Pada Siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
M. Noor Muazam. 2010. "PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 01 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010". Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Drs. Sukoco KW. Drs Sugiyanto HN, MPd. Fakultas Keguruan dan Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Bimbingan belajar dan aktivitas belajar.
Yang melatar belakangi penelitian skripsi ini adalah untuk mengatasi hambatan-hambatan pada diri siswa agar dapat meningkatkan aktivitas yang tinggi, maka peserta didik diberi bimbingan dalam belajar yang diberikan oleh guru atau guru pembimbing, sehingga peserta didik dapat meningkatkan aktivitas belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan tujuan yang yang hendak dicapai dari pelaksanaan ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Pemalang serta ingin mengetahui ada tidaknya korelasi antara pelaksanaan bimbingan relajar dalam peningkatan aktivitas relajar pada siswa SMA Muhammadiyah 01 Pemalang.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik yang bersifat kuantitatif dan hasil dari analisis menunjukan bahwa perhitungan statistik pada taraf signifikansi 5% dengan perolehan skor emperik 0,860 lebih besar dari nilai tabel (0,361), dengan demikian hipotesis kerja yang dinyatakan terdapat korelasi yang signifikan pelaksanaan bimbingan belajar dalam upaya peningkatan aktivitas belajar pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 dinyatakan diterima.
Simpulan bahwa bimbingan belajar berpengaruh positif dan signifikan dalam peningkatan aktivitas belajar pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. Tingkat pelaksanaan bimbingan belajar adalah sangat tinggi (68,75%), aktivitas belajar sangat setuju (56,25%) dan besarnya kontribusi dalam penelitian ini adalah (73,96%) dan sisanya (26,04%) disebabkan oleh faktor lain yang penulis tidak diteliti. Saran diharapkan kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan juga siswa dalam meningkatkan aktivitas hendaknya ditingkatkan dan dapat dilaksanakan dalam kehidupan keseharian di sekolah.
Inggris :
M. Noor Muazam. 2010. "THE INFLUENCE LEARNING GUIDANCE STUDENT TO INCREASE LEARNING ACTIVITY OF 11th YEAR STUDENTS AT SMA MUHAMMADIYAH 01 PEMALANG IN ACADEMIC YEARS 2009/2010". Thesis. Guidance and Counseling Education. Drs. Sukoco KW. Drs Sugiyanto HN, M Pd. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti UniversityTegal.
Key word: learning guidance and learning activity.
The background of research is to exceed the obstacles in student self in order to increase activities, so student were given guidance learning by the teacher or guiding teacher. So, student can to improve learning activity better than previously. While the objective of this research to know the realization of learning guidance of the eleventh year students at SMA Muhammadiyah 01 Pemalang and to know there is any colleration between learning guidance toward learning activity of the eleventh year students at SMA Muhammadiyah 01 Pemalang.
The population of this research is the eleventh year students at SMA Muhammadiyah 01 Pemalang in academic year 2009/2010 with total number 32 students. To collect the data the writer use inquiry method and documentation.
The analyze of this research use quantitative method and the result of analyze that statistic computation in significance level as big as 5 % with empiric score is 0.806 is higher than the value of table (0.361). So the hypothesis this research that any significant colleration between learning guidance of the eleventh year students at SMA Muhammadiyah 01 Pemalang in academic year 2009/2010 is accepted.
The conclusion of this research that guidance learning give positive and significant influence toward learning activity of the eleventh year students at SMA Muhammadiyah 01 Pemalang in academic year 2009/2010. The realization level of learning guidance is "highest" (68.75%), the level of learning activity is "agreed very much" (56.25%). The big of contribution in this research is 73.96% and that remainder is 26.04%, caused by other factor which the writer not carefully. The suggestion head master, teacher, student's parents and student can improve and do on daily life in school.
BK081095 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain