Skripsi
Pengaruh Penggunaan Majalah Kandela sebagai Media Pembelajaran dalam Peningkatan Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas X SMA NU 01 Penawaja, Kabupaten Tegal
PRIMADANI, ADITYA LUKY. 2010 "Pengaruh Penggunaan Majalah Kandela sebagai Media Pembelajaran dalam Peningkatan Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas X SMA NU 01 Penawaja, Kabupaten Tegal". Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Pembimbing II : Sutji Muljani, M.Hum.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimanakah kemampuan menulis siswa kelas X, SMA NU 01 Penawaja, Kabupaten Tegal?, (2) Bagaimanakah pengaruh Majalah Kandela sebagai media pembelajaran menulis pada siswa kelas X SMA NU 01 Penawaja Kabupaten Tegal ?
Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini antara lain : (1) memperoleh gambaran mengenai kemampuan menulis siswa kelas X SMA NU 01 Penawaja, Kabupaten Tegal, (2) memperoleh gambaran mengenai keterampilan dasar menulis pada siswa kelas X SMA NU 01 Penawaja Kabupaten Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NU 01 Penawaja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yaitu sejumlah 105 siswa. Dengan teknik random sampling, siambil sampel sebanyak 50 orang siswa yang dibagi dua kelompok, yaitu kelompuk I dan kelompok II yang masing-masing terdiri dari 25 siswa.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan tes sebagai instrument, penulis terlebih dahulu menguji tes tersebut dengan memberikan tes try out pada 25 siswa yang lain yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel penelitian.
Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dari hasil analisa data diperoleh t-hitung sebesar 3,294. Pada taraf signifikansi 1% didapat t-tabel sebesar 2,660. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3,294 ? 2,660).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa yang pengajarannya dengan menggunakan Majalah Kandela akan memperoleh prestasi belajar menulis lebih baik daripada siswa yang pengajarannya tidak menggunakan Majalah Kandela. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan serta mengembangkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia khususnya pelajaran menulis.
PBSID081058 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain