Skripsi
Analisis Psikologis tokoh Utama dalam Novel Bisikan Surga karya Yani rahma Nugraheni dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMP
ALIYAH, UMI. NPM.1506500650. 2010. Analisis Psikologis tokoh Utama dalam Novel Bisikan Surga karya Yani rahma Nugraheni dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMP. Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I. Drs. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II M. Sulaiman, SS., M.Hum.
Kata Kunci : Analisis Psikologis, Tokoh Utama, Novel, Pembelajaran Sastra.
Penelitian ini menganalisis Novel Bisikan Surga karya Yani Rahmi Nugraheni, dengan menggunakan pendekatan psikologis terhadap tokoh utama (Salsa) berdasarkananalisis struktural. Analisis ini dimaksudkan untuk mengetahui jalinan unsur intrinsik guna untuk mempermudah isi berdasarkan pendekatan psikologis.
Perumusan masalah yang akan dibahas adalah 1) Bagaimanakah penokohan dan permasalahan hidup psikologis tokoh utama dalam Novel Bisikan Surga karya Yani Rahma Nugraheni? 2) Bagaimanakah implikasi dalam Novel Bisikan Surga dalam pembelajaran sastra?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasikan penokohan dan permasalahan hidup psikologis tokoh utama dalam Novel Bisikan Surga karya Yani Rahma Nurgraheni, 2) Mendeskripsikan implikasi Novel Bisikan Surga karya Yani Rahma Nugraheni dalam pembelajaran sastra.
Cara untuk memperoleh data menggunakan metode dokumentasi yaitu membaca dengan cermat dan mencatat. Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan menunujuk data yang berupa kutipan atau paragrap yang menjelaskan keadaan psikologis tokoh utama dalam Novel Bisikan Surga karya Yani Rahma Nugraheni.
Manfaat hasil penelitian ini dapat memberi informasi kepada pembaca bahwa analisis psikologis seseorang bisa dijadikan sebagai contoh bahan pembelajaran sastra kepada siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Novel Bisikan Surga karya Yani Rahma Nugraheni dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra. Hal tersebut karena isi yang terkandung dalam novel tersebut ada yang positif, disampimg itu juga ada yang bersifat negatif. Sifat-sifat positif itulah yang dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran sastra di SMP.
PBSID081061 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain