Skripsi
The Effect of Using Short Stories oward the First Year Students' Writing Achievement at SMA 1 Brebes in Academic Year 2009/2010
Indonesia :
MAULIDIANA, EVI. 2010. 1606501379: Efek Penggunaan Cerita Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas 10 di SMA 1 Brebes Pada Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Penggunaan Cerita Pendek, Kemampuan Menulis Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan cerita pendek dapat memberikan efek positif terhadap kemampuan manulis siswa kelas 10 di SMA 1 Brebes pada tahun ajaran 2009/2010.
Berdasarkan latar belakang masalah dan kerangka berpikir, maka hipotesis penelitian ini adalah: Penggunaan cerita pendek memberikan efek positif terhadap kemampuan menulis siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMA 1 Brebes yang berjumlah 360 siswa. Dalam mengumpulkan data, penulis mengambil 60 siswa dari jumlah siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak kelompok. Penulis menggunakan desain dua kelompok yaitu satu kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok yang lain menjadi kelompok pembanding. Setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diajar dengan menggunakan cerita pendek, sedangkan kelompok pembanding adalah kelompok yang diajar menggunakan recount text. Kemudian masing-masing kelompok diberi tes yang sama.
Penulis menggunakan dua jenis tes sebagai instrument dalam penelitian ini, yaitu bentuk pilihan ganda dan esay. Bentuk pilihan ganda terdiri dari 25 butir soal dengan 5 pilihan jawaban dan sebuah esay paragraf yang terdiri dari 10 kalimat. Siswa mengerjakan tes dalam waktu 45 menit. Untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrument, penulis mengujicobakan instrument kepada 30 siswa lainnya yang menpunyai kemampuan yang sama dengan sampel.
Data penelitian diperoleh dari tes menulis yang diberikan kepada sampel. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus t-tes untuk mengetahui perbedaan diantara kedua kelompok. Berdasarkan analisis data, diperoleh t0 sebesar 4,630 dengan (dk) 60 dan taraf signifikansi (?) 5% dan tt adalah 1,645. Hal ini berarti t0 lebih besar dari tt (4,630>1,645). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan cerita pendek memberikan efek positif terhadap kemampuan menulis siswa kelas 10 SMA 1 Brebes pada tahun ajaran 2009/2010.
Inggris :
MAULIDIANA, EVI. 2010. 1606501379: The Effect of Using Short Stories toward the First Year Students' Writing Achievement at SMA N 1 Brebes in Academic Year 2009/2010. Thesis. English Department. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal.
Key words: Using Short Stories, Student's Writing Achievement.
The objective of this research is to know whether using short stories give a positive effect toward student's writing achievement at SMA N 1 Brebes in academic year 2009/2010.
Based on the theoretical background and frame of thinking, the hypothesis is formulated as follows: Using short stories give a positive effect toward the student's writing achievement.
The population of the research is the first year student of SMA N 1 Brebes with the total number 360 students. To collect the data, the writer took 60 students from the population as the sample by using cluster random sampling technique. The writer used two group designs: one group was an experiment group whereas the other was control group. Each group consists of 30 students. The experiment group was taught writing by using short stories, while the control group was taught writing by using recount text. Then both of them were given the same test.
The writer used two kinds of test as the instrument of the research, they are multiple choices and essay. The multiple choices test consists of 25 items which has five options and an essay paragraph consists of 10 sentences. The students did the test in 45 minutes. To know the validity and reliability of the instrument, the writer tried out the instrument by giving the test to 30 students who have the same competence with the sample of this research.
The data of this research is gained from the writing test that was given to the sample of this research. To analyze the data, the writer used t-test to know the difference between the two groups. Based on the result of the data analysis, t-ratio is 4,630 with the degree of freedom (df) 60 and the level of significance (?) 5% and the t-table is 1,645. It means that t-ratio is higher than the t-table (4,630 > 1,645). It can be concluded that the hypothesis of the research is accepted.
The conclusion of this research is using short stories give a positive effect toward the students' writing achievement in the first year students at SMA 1 Brebes in academic year 2009/2010.
PBI081005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain