t-tabel (2,284 > 2,020). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris. Menurut data di atas dapatlah dibuat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif pada penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris pada siswa kelas VIII di SMP Islam Rengasdengklok Karawang tahun pelajaran 2009/2010 Inggris : NINGSIH, EVI RESTI. "The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Method in toward Writing Ability (The Research on the Second Years Students of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in Academic Year 2009/2010)". Thesis. 2010. Strata 1 Program. English Department, Faculty of Educational and Teaching Training, Pancasakti University Tegal. Key word : The effect CTL method, English writing ability. The objective of this research is to know whether there is any positive effect of using the CTL method toward writing ability to the second year students at SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010. Based on the research, hipotesis is formulated as follows: "There is a positive effect of using the CTL method toward writing ability of the second year student of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010." The population of this research is all the first year students of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010. Whereas the sample is taken randomly. There are two groups for the sample, the experiment group and control group. Before measuring the learning achievement of the both groups, the test item is given firstly to 20 students to know its validity and reliability. From the result of statistical analysis the value of t-ration is 2,284 whereas the value of t-table with dk 48 on the signification degree 5% is 2,020. So t-ration < t-table (2,284 > 2,020). Based on the data above it can be concluded that there is positive effect of using the CTL method toward writing ability of the second year students achievement of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010." />
Skripsi
Pengaruh Penggunaan Metode CTL terhadap Hasil Kemampuan Menulis Bahasa Inggris (Sebuah Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Rengasdengklok - Karawang Tahun Ajaran 2009/2010)
Indonesia :
NINGSIH, EVI RESTI. "Pengaruh Penggunaan Metode CTL terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris (Sebuah Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Rengasdengklok - Karawang Tahun Ajaran 2009/2010)". Skripsi. 2010. Program Strata 1. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Pengaruh, metode CTL, kemampuan menulis bahasa Inggris.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui ada atau tidak adanya suatu pengaruh yang positif dari penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Islam Rengasdengklok Kerawang tahun pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Islam Rengasdengklok Kerawang tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Islam Rengasdengklok Karawang tahun pelajaran 2009/2010. Sedangkan sampel yang diambi secara random. Ada dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Sebelum mengukur hasil belajar dari kedua kelompok, soal tes diberikan terlebih dahulu sebagai tes eksperimen untuk mengetahui tentang validitas dan reliabilitas dari soal tes tersebut.
Dari hasil analisa statistik diperoleh nilai t-hitung 2,284 sedangkan nilai t-tabel dengan dek 48 pada taraf signifikan 5% diperoleh t-tabel sebesar 2,020 sehingga t-hitung > t-tabel (2,284 > 2,020). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris.
Menurut data di atas dapatlah dibuat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif pada penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris pada siswa kelas VIII di SMP Islam Rengasdengklok Karawang tahun pelajaran 2009/2010
Inggris :
NINGSIH, EVI RESTI. "The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Method in toward Writing Ability (The Research on the Second Years Students of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in Academic Year 2009/2010)". Thesis. 2010. Strata 1 Program. English Department, Faculty of Educational and Teaching Training, Pancasakti University Tegal.
Key word : The effect CTL method, English writing ability.
The objective of this research is to know whether there is any positive effect of using the CTL method toward writing ability to the second year students at SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010.
Based on the research, hipotesis is formulated as follows: "There is a positive effect of using the CTL method toward writing ability of the second year student of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010."
The population of this research is all the first year students of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010. Whereas the sample is taken randomly. There are two groups for the sample, the experiment group and control group.
Before measuring the learning achievement of the both groups, the test item is given firstly to 20 students to know its validity and reliability.
From the result of statistical analysis the value of t-ration is 2,284 whereas the value of t-table with dk 48 on the signification degree 5% is 2,020. So t-ration < t-table (2,284 > 2,020).
Based on the data above it can be concluded that there is positive effect of using the CTL method toward writing ability of the second year students achievement of SMP Islam Rengasdengklok - Karawang in academic year 2009/2010.
PBI081027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain