Skripsi
The Enhancement of Learner's Mastery in Vocabulary Through De-Suggestopedia method(Classroom Action Research : The Fourth Grade Students in SD Negeri Sokatengah 02, Tegal Academic Year 2009/2010)
Indonesia :
IKA NOVITASARI (2010), Upaya peningkatan kemampuan vocabulary melalui metode pengajaran de-sugestopedia pada siswa sekolah dasar kelas IV (suatu penelitian tindakn kelas di Sekolah Dasar Negeri Sokatengah 02 Tahun pelajatan 2009/2010). Skripsi Program Strata 1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas pembimbing I: Drs. Rofiudin, M.Hum., Pembimbing II: Taufiqullah, S.Pd.
Kata Kunci: Panggunaan metode de-sugestopedia, prestasi belajar bahasa Inggris.
Pendidik hendaknya merencanakan aktifitas pengajaranya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Penggunaan metode yang paling menarik dapat dijadikan alternatif seorang guru dalam pengajaran bahasa yang sesuai dengan keadaan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana upaya peningkatan kemampuan vocabulary melalui metode pengajaran de-sugestopedia pada siswa kelas IV di SD Negeri Sokatengah 02.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hiptesis penelitian dirumuskan sebagai berikut: "Apakah metode de-sugestopedia dapat meningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV".
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Sokatengah 02 kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal. Penulis mengambil 25 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ada 3 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator ketuntasan siswa yang mendapat nilai 60 dikatakan tuntas.
Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas mencapai 52,4, pada siklus II rata-rata mencapai 60 dan pada siklus III rata-rata kelas mencapai 70 membuktikan bahwa penelitian ini benar.
Seorang guru hendaknya mampu memilih metode pengajaran yang paling menarik dalam kegiatan pembelajaran. De-sugestopedia dapat dijadikan pilihan yang tepat dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena dengan metode tersebut akan membuat siswa merasa tertarik dan dapat meningkatkan motivasi mereka dalam pembelajaran bahasa Inggris
Inggris :
IKA NOVITASARI (2010), The effort to increase vocabulary way De-suggestopedia method for Elementary class IV An Action Research at SD Negeri Sokatengah 02 in academic year 2009/2010. A thesis English department the faculty of Teacher Training and Education of Pancasakti University Tegal.
Consultant 1: Drs. Rofiudin ,M.Hum., Consultant II: Taufiqullah ,S.pd.
Key word: The use of de-suggestopedia method, English achievement
The teacher must be able to plan his/her work and activities in an efficient way to reach the main of the good education. Using the most interesting method can be alternative for the teacher in English teaching which is suitable to the students conditional.
The objective of the research is to find out the effort to increase vocabulary mastery through de-suggestopedia method of the fourth grade students of Elementary school at SD Negeri Sokatengah 02.
Based on the theoretical background and frame work of thinking the hypothesis of this research is proposed as follows: Is the de-suggestopedia method can improve vocabulary of the fourth grade students of elementary school.
The population and sample of this research are the fourth grade students of SD Negeri Sokatengah 02 Bumijawa Sub district Tegal regency in academic year 2009/2010. The writer takes 25 Students.
This is a room action research. There are 3 cycles in this research. Every cycle involves planning, action, observation, and reflection. The students get average score 70. The teaching and learning process is successful.
In the first cycle the students get average score 52,4, the second cycle the students get average score 60 and the third cycle the students get average score 70. It proves that this research is true.
Teacher must be able to choose the most interesting method in learning process. De-suggestopedia method can be a good choice in English teaching and learning, because the method will make students feel interest and it can improve their motivation in English learning.
PBI081031 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain