Skripsi
Studi Komparatif Tentang Efektivitas Media Pembelajaran Realia Dan Flash Cards Dalam Proses Belajar Mengajar Vocabulary Bagi Siswa SD Kelas IV (Suatu Penelitian Eksperimental Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)
Indonesia :
AMI SULISTIYOWATI, 1603500898 : Studi Komparatif Tentang Efektivitas Media Pembelajaran Realia dan Flash Cards dalam Proses Belajar Mengajar bagi Siswa SD Kelas IV (Suatu Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas IV SD Negeri Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010). (2010). Skripsi. Tegal. Program Strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Perbandingan, Media Pengajaran Realia dan Flash Cards, Kosakata
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan vocabulary antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran realia dengan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran flash cards.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : siswa yang diajar dengan menggunakan media realia mempunyai penguasaan vocabulary yang lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan media flash cards.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Brebes. Ada 81 SD Negeri di Brebes penulis menggunakan 2x teknik sampling. Pertama, penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk memperoleh 2 sekolah dasar sebagai sampel kelompok dan diperoleh SD N Brebes 08 dan SD N Padasugih I Brebes. Kemudian penulis menggunakan teknik random sampling untuk mendapatkan sampel dari kedua sekolah tersebut. Dari masing-masing sekolah tersebut penulis mengambil 30 siswa kelas IV. Jumlah sample ada 60 siswa. Sampel tersebut kemudian dibagi menjadi 2 kelompok . Kelompok I adalah kelompok siswa yang diajar menggunakan media realia dan kelompok II adalah kelompok siswa yang diajar menggunakan media flash cards.
Penulis menggunakan tes vocabulary sebagai instrumen penelitian. Tes membutuhkan waktu 90 menit untuk menyelesaikannya. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan empat pilihan A, B, C dan D. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, penulis menguji cobakan instrumen dengan memberikan tes vocabulary tersebut kepada 25 siswa kelas IV SD N Pasarbatang 5 yang memiliki kemampuan sama dengan sampel penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes vocabulary yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data, diperoleh t-hitung 3,771. Sedangkan t-tabel dengan derajat kebebasan (58) pada taraf signifikansi 5% harga t-tabel adalah 2,042. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,771 > 2,042). Hal inimenunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan vocabulary antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran realia dengan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran flash card pada siswa SD N Brebes.
Inggris :
AMI SULISTIYOWATI, 1603500898 : The comparative study of the effectiveness of learning media by using realia and flash cards in process of teaching and learning vocabulary for the fourth grade Elementary School Students. (An Experimental Research at SD N Brebes in Academic year 2009/2010). (2010). Thesis. Tegal. The Program of Strata I, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University Tegal.
Key Words : The comparative, Realia and Flash Cards Media, Vocabulary
The aim of this thesis is to know if there is a significant difference between the students who are taught by using realia media and the students who are taught by using flash cards media.
Based on the review of related study and logical frame work, the hypothesis of this research is proposed as follows : students who are taught by using realia media have better mastery of vocabulary than students who are taught by using flash cards media.
The population of this research is all of the fourth grade elementary school students in Brebes. There are 81 Elementary Schools in Brebes. The writer uses sampling technique twice. First the writer uses cluster random sampling technique to get 2 elementary schools as group sample and the writer gets SDN Brebes 08 and SD N Padasugih 1 Brebes. Then the writer uses random sampling to get sample from those schools. From each school, the writer takes 30 students of the fourth grade. The number of the samples is 60 students. Then the sample are divided into two groups. First group is the students who are taught by using realia media and the second group is the students who are taught by using flash cards media.
The writer uses vocabulary test as the instruments of the research. The test makes 90 minutes to do. The type of the test is multiple choice with four options A, B, C and D. To know the validity and reliability of the instrument, the writer tried out the instrument by giving test to 25 students of the fourth grade of SD Pasarbatang 5 who having the same competence with samples of the study.
The data of this research are gained from the result of vocabulary test done by samples of research. Data analysis of this research is tested by using t-test. Based on the result of data analysis t-ratio is 3,771, then t-table with the degree of freedom is (58) on the level of significance of 5% t-table is 2,042. It means that t-ratio is higher than t-tabel (3,771 > 2,042). It shows that the work hypothesis is accepted.
The conclusion of this research is there is a significant difference between the students who are taught by using realia media and the students who are taught by using flash cards media at the fourth grade students of SD Negeri Brebes
PBI081035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain