Skripsi
Analisis kesalahan jawaban question-response pada tes Listening Siswa SMK Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2008/2009
Indonesia :
ENDAH WAHYUNINGSIH. Analisis Kesalahan Jawaban Question Response pada Tes Listening Siswa SMK Kelas 3 SMK Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2008/2009. ( 2010 ). Skripsi. Program Strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Jawaban Question Response, Tes Listening, Siswa SMK Bhakti Praja
Listening merupakan bagian tersulit dalam mempelajari suatu bahasa. Pada saat kita mendengarkan suatu kalimat/percakapan dalam bahasa asing, kita juga harus menterjemahkan kalimat tersebut ke dalam bahasa sendiri. Untuk itu pada tes Listening dimasukkan Question response yang menempati part II pada The Listening Comprehension.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi masalah-masalah apakah yang mengakibatkan kesalahan jawaban pada bagian question response pada tes listening siswa.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : kesalahan jawaban question response siswa pada tes listening terletak pada kurangnya penguasaan ketiga skill yang dibutuhkan dalam question response, yaitu analyzing answer choice, analyzing question type dan analyzing language function,
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III semester genap SMK Bhakti Praja Suradadi kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2008/2009, dengan jumlah populasi sebanyak 72 siswa. Dari jumlah total populasi diambil sampel secara random sebanyak 30 siswa.
Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan soal secara langsung yang berbentuk pilihan ganda ( multiple choice ), dengan tiga pilihan ( option ) sebanyak 30 butir soal/statement yang sebelumnya soal/statement tersebut telah diujikan untuk diketahui tingkat kevalidan dan reliabilitasnya.
Penulis menggunakan gambaran persentase statistik, dengan kategori kriteria yang menyatakan : 75 % - 100 % adalah sangat dominan, 50 %- 75 % adalah dominan, 25 % - 49 % adalah sedang, 0 % - 24 % adalah rendah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan pada analyzing answer choice sebesar 33.34%, kesalahan pada analyzing question type yang meliputi kesalahan yes-no question sebesar 28%, kesalahan question word-question sebesar 39.1%, kesalahan pada analyzing language function yang meliputi kesalahan identifying suggestion sebesar 61.6%, identifying offer sebesar 54%, identifying request sebesar 54.1%, dan identifying restatement sebesar 63,3%.
Sesuai dengan kategori kriteria maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa masalah-masalah yang menyebabkan kesalahan question response siswa pada tes listening bahasa Ingggris termasuk kategori sedang.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kesalahan question response pada tes listening disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai skill yang dibutuhkan pada tes listening, serta kurangnya penguasaan terhadap masalah-masalah yang ada pada setiap skill tersebut.
Inggris :
ENDAH WAHYUNINGSIH. An Error Analysis of The Third Year Students Response of Question-Response Test in Listening Comprehension Materials at SMK Bhakti Praja Suradadi Academic Year 2008/2009. (2010). Thesis. Strata I. Program Faculty of Teacher Training and Education of Pancasakti University Tegal.
Keywords: Question Response, Listening Tests, the Third Year Students of SMK
Bhakti Praja.
Listening is the hardest part of learning a language. At the moment we hear a sentence/conversation in a foreign language, we must also translate the sentences into our own language. Listening test involves the question response test that occupy in Question Part II.
The purpose of this study was to obtain information on the problems that cause errors made by the students in their response in listening tests.
Based on the basic theoretical and framework of thinking, the hypothesis in this study can be formulated as follows: wrong answer response question on the students 'listening tests lies in the lack of mastery of skills required in the third response question, the analyzing answer choice, analyzing question types and analyzing language function.
The population of this study is the third year students of SMK Bhakti Praja Suradadi-Tegal in academic year 2008/2009, with the total number of population 72 students. From the total number of population, the writer took sample randomly drawn as many as 30 students.
The research data was obtained by giving 30 items of the listening test directly in the form of multiple choices test with three options or statement. This test has been tested to the try out group to know its validity and reliability levels.
The writer uses statistical percentages description, with categories of criteria which states: 75% - 100% is very dominant, 50% - 75% is dominant, 25% - 49% are intermediate, 0% - 24% is low.
The result of this study shows that analyzing the errors in the answer choice is about 33.34%, the error in analyzing question types, including the error of yes-no question is about 28%, the error of question-word question is about 39.1%, the error in analyzing language functions, including the error of identifying suggestion is about 61.6%, the error of identifying offer is about 54%, the error of identifying request is about 54.1% and the error of identifying restatement is about 63.3%
In accordance with the category criteria, the results of this study show that problems which caused an error of question response in the listening test, include intermediate category.
The results show that the error question response on listening tests due to lack of knowledge and understanding of students about the skills needed in the listening tests, as well as lack of mastery of the problems that exist in each of these skills.
PBI081036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain