Skripsi
Studi Deskriptif tentang Faktor - Faktor Penyebab Kesulitan Yang Dihadapi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa Dalam Mcnguasai Vocabulary Tahun Ajaran 2009/2010
Indonesia :
MUHAMAD SUBEKHI, 2010 Skrpsi. Studi Deskriptif terhadap Faktor - faktor Penyebab Kesulitan yang Dihadapi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa dalam Menguasai Vocabulary Tahun Ajaran 2009 / 2010.
Kata Kunci : Faktor - faktor penyebab kesulitan yang dihadapi siswa dalam menguasai vocabulary.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor - faktor Penyebab Kesulitan yang Dihadapi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa dalam Menguasai Vocabulary Tahun Ajaran 2009 / 2010.
Populasi penelitian ini adalah siswa - siswi kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa kabupaten Tegal dengan jumlah populasi sebanyak 98 orang. Adapun pengambilan sampel dengan menggunakan metode random sampling dengan diambil sebanyak 30 siswa yang mempunyai nilai terendah di bawah 6,0.
Berdasarkan pada teori - teori belajar dan teori - teori sebuah kata dapat dirumuskan bahwa faktor - faktor penyebab kesulitan yang dihadapi siswa dalam menguasai vocabulary bahasa Inggris adalah sebagai berikut: "Faktor - faktor penyebab kesulitan dominan apa saja yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa dalam menguasai vocabulary?".
Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan angket secara langsung yang berbentuk pilihan ganda, dengan empat pilihan sebanyak 20 butir pertanyaan yang sebelumnya sampel tersebut telah diberikan tes materi tentang kosakata bahasa Inggris dalam bentuk pilihan ganda dengan soal sebanyak 30 butir 4 jawaban.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor motivasi adalah 79,00 %, fator lingkungan adalah 66,38 %, faktor fasilitas adalah 75 %, faktor media adalah 80,08 %,
Berdasarkan analisa data di atas menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan adalah faktor media sebanyak 80,08 %,
Penulis ingin memberi saran kepada siswa agar banyak latihan tentang kosakata bahasa Inggris tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah dengan begitu kosakata yang sudah di dapat tidak mudah dilupakan tapi justru akan menambah perbendaharaan siswa. Bagi guru bidang studi, hendaknya memberikan perhatiannya pada anak didiknya tidak hanya mengajar atau menyampaikan suatu materi pelajaran tetapi juga membantu pada saat siswa tersebut mengalami kesulitan dan banyak memberikan latihan-latihan soal dan membantu siswa dalam memperbaiki suatu kesalahan dalam mengerjakan tugas.
Inggris :
MUHAMAD SUBEKHI, 2010 Thesis. The Descriptive Study on The Reason of Problematic Factors to Master Vocabulary Faced by the Seventh Grade Students of SMPN 4 Bumijawa in Academic Year 2009 / 2010
Key Words : The Reason of Problematic Factors Faced by students, the mastery of the English vocabulary.
The objective of this research is to find out the reason of problematic factors to master vocabulary faced by the seventh grade students of SMPN 4 Bumijawa in academic year 2009 / 2010.
The research population is the seventh grade students of SMPN 4 Bumijawa, the number of students are 98 students. This research uses the random sampling technique to take samples. For samples, the writer took 30 students who had mark lower than 6,0.
Based on the problems faced by the students, it could be formulated the problem formulation as follows: "What are the dominant reason of problematic factors to master vocabulary faced by the seventh grade students of SMPN 4 Bumijawa in academic year 2009 / 2010? ".
The data of research is gained by giving students' questionnaire. The kind data of questionnaire is a multiple choice questionnaire with four options. And it consists of 20 items. Before the writer distributes questionnaires, the samples are given a written test (multiple choices) with 30 items.
The result of the research shows the lack of motivation factor is 79,00 % environment factor is 66, 38 %, facilities factor is 75% and media factor is 80,08%,
Based on the analysis, the writer concludes that the very dominant factor of students' problems in learning vocabulary is media factor. It is 89,16 %.
The researcher wants to give suggestion to the student in order to do more of vocabulary exercise not only in school, but also at home too. Teacher should give more attention and exercises to the students and help them to improve their works
PBI081037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain