Skripsi
The Effect of Using Talking Stick towards the Students' Reading Achievement (An Experimental Study on the Seventh Year Students of SMP Muhammadiyah 01 Tegal in Academic Year 2009/2010)
Indonesia :
DIAR KHOLISOH, 2010, Pengaruh Penggunaan Talking Stick Terhadap Prestasi Membaca Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Tegal Tahun ajaran 2009/2010. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing, Drs. J.C.S. Pradjarto, M.Pd (1),Dra. Hj. Sri Wardhani M.Pd. (2)
Kata Kunci: Penggunaan Talking Stick, Prestasi Membaca Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan talking stick terhadap prestasi membaca siswa pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: "Penggunaan Talking Stick memberikan pengaruh positif terhadap prestasi membaca siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Tegal.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 163 orang siswa. Peneliti mengambil 60 siswa untuk sampel yang dipilih dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu 30 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan talking stick dan 30 siswa sebagai kelompok pengendali yang tidak diajarkan dengan menggunakan talking stick.
Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes membutuhkan waktu 80 menit untuk mengerjakannya. Bentuk tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk mengetahui keabsahan materi tes, peneliti memberikan tes yang sama kepada 30 siswa yang mempunyai kompetensi yang sama.
Data penelitian ini diolah dengan menggunakan Uji-t, untuk menentukan perbedaan nilai mean dari dua kelompok. Setelah dihubungkan ke dalam t-tabel dengan taraf signifikan 5% dengan nilai 1,645, maka dari perhitungan tersebut diperoleh t-hitung sebesar 3,913. Sehingga diperoleh t-hitung lebih besar dari pada t-tabel. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima.
Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan talking stick mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi membaca siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Inggris :
DIAR KHOLISOH, 2010, The Effect of Using Talking Stick towards the Students' Reading Achievement An Experimental Study on the Seventh Year Students of SMP Muhammadiyah 1 Tegal in Academic Year 2009/2010. Thesis, Study Program English Department, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University Tegal. Advisor , Drs. J.C.S. Pradjarto, M.Pd (1),Dra. Hj. Sri Wardhani M.Pd. (2)
Key words: The use of Talking Stick, Students' Reading Achievement
The objective of this research is to know the effect of using talking stick towards the students' reading achievement in the seventh year of SMP Muhammadiyah 01 Tegal in academic year 2009/2010.
Based on the theories of language learning and theories of language teaching, the hypothesis of this research is proposed as follows: "The use of Talking Stick gives a positive effect towards the students' reading achievement in the seventh year of SMP Muhammadiyah 01 Tegal."
The population of the research is the seventh year students of SMP Muhammadiyah 01 Tegal, in academic year 2009/2010 which consists of 163 students. The research takes 60 students for the sample who are selected by using random sampling technique. The sample consists of two groups. They are 30 students as an experiment group who are taught by using talking stick and 30 students as a control group who are not taught by using talking stick.
The writer uses test as the instrument of the research. The test needs eighty minutes to do. The type of the test is multiple choice tests with four options. To know validity of the instrument, the writer had tried out the instrument by giving a test to 30 students having the same competence.
Data analysis of the research is tested by using t-test, to test the difference of the means of the two groups. After having connected to the significant level 5% t-table is 1,645, so that the result of calculation analysis show T-ratio is 3,913. It means the result of t-test is higher than t-table. Thus, the hypothesis of this research is accepted.
The conclusion of this research shows that the use of talking stick has positive effect toward the students' reading achievement on the seventh year students of SMP Muhammadiyah 01 Tegal in Academic year 2009/2010.
PBI081040 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain