Skripsi
THE EFFECTIVENESS OF USING ALPHABET GAME AS TEACHING MEDIA TO IMPROVE THE STUDENT'S VOCABULARY" (An Experimental Study at Fifth Grade Students of SDN Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal in Academic Year 2009/2010)
Indonesia :
Abidin, Zaenal. "Efektivitas Penggunaan Alphabet Game sebagai Media Pengajaran untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Sebuah Studi Eksperimen pada Siswa Kelas Lima di SD N Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 ". Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Alphabet Game, Media Pengajaran, Kosakata Bahasa Inggris.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan alphabet game sebagai media pengajaran bahasa Inggris dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa kelas lima.
Berdasarkan latar belakang teoritis dan kerangka logis, hipotesis penelitian ini adalah "Penggunaan alphabet game sebagai media pengajaran bahasa Inggris dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa kelas lima". Dengan kata lain, siswa yang di ajar dengan menggunakan alfabet game lebih baik daripada siswa yang di ajar tanpa menggunakan alphabet game.
Populasi penelitian ini adalah 60 siswa dari 72 siswa kelas lima semester dua di SDN Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok percobaan yang terdiri dari 30 siswa, dan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang terdiri dari 30 siswa juga. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak.
Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda, yang terdiri dari 30 butir. Analisis penelitian ini dihitung dengan menggunakan t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-test adalah 2.629, sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-test yang lebih tinggi dari t-tabel. Jadi, Hi diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan alfabet game sebagai media pengajaran bahasa Inggris dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa kelas lima semester dua di SDN Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal pada tahun ajaran 2009 / 2010.
Inggris :
ABIDIN, ZAENAL. "The Effectiveness of Using Alphabet Game As Teaching Media to Improve the Student's Vocabulary. An Experimental Study at Fifth Grade Students of SDN Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal in Academic Year 2009/2010". Strata 1 Program. Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University Tegal.
Key word : Alphabet Game, Teaching Media, English vocabulary.
The purpose of this research is to recognize whether the effectiveness of using alphabet game as teaching media to improve the student's vocabulary can give positive effect in improving English vocabulary of fifth grade students.
Based on the theoretical background and logical frame, the hypothesis of this research is "The effectiveness of using alphabet game as teaching media to improve the student's vocabulary can give positive effect in improving English vocabulary of fifth grade students". In other word, the students who were treated by using alphabet game better than students who were treated without using alphabet game.
The population of this thesis is all the fifth grade students in second semester at SDN Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal in academic year 2009/2010. The sample in this research is 60 students who are divided into two groups. The first group is experimental group which consist of 30 students, and the second group is control group which consist of 30 students too. The samples are taken by using random sampling technique.
The data of this research is gained by using multiple choice test, which consist of 30 items. Analysis of this research is calculated by using t- test.
The result of this research shows that t-test is 2,629, whereas t-table at significant level of 5% is 2,000. The result shows that t-test is higher than t-table. So, Hi is accepted and Ho is refused.
The conclusion of this research is that the effectiveness of using alphabet game as teaching media to improve the student's vocabulary can give positive effect in improving English vocabulary of fifth grade students in the second semester at SDN Balaradin 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal in academic year 2009/2010.
PBI081044 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain