Skripsi
PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS Kelas VI SDN Karangmalang 01 Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
MANOPO, DEDI. 2010. Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Pada Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kelas VI SDN Karangmalang 01 Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Drs. Masfuad E.S., M.Pd. Nur Anthoni E.T., S.S., M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Prestasi Bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh metode Demonstrasi pada prestasi belajar bahasa inggris kelas VI SDN Karangmalang 01 semester II, di SDN Karangmalang 01 kecamatan kedungbanteng Tegal dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar bahasa inggris.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, maka hipotesis dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : " Metode Demonstrasi mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi bahasa inggris siswa SD kelas VI pada semester II dari pada metode Ceramah.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas VI di SDN Karangmalang 01 Kecamatan Kedungbanteng Tegal yang berjumlah dua kelas. Dari dua kelas diambil untuk sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang diambil secara acak. Kemudian sampel tersebut dikelompokan menjadi dua kelompok. Kelompok I yang berjumlah 30 siswa diajar dengan menggunakan metode Demonstrasi dan 30 siswa lainnya diajar dengan menggunakan metode Ceramah.
Data penelitian ini diperoleh dari secore hasil test penelitian yang dibuat oleh penulis yang sebelumnya instrument tersebut telah diuji reabilitas dan validitasnya.
Analisa data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan menentukan perbedaan nilai mean dengan taraf signifikasi 1%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada taraf signifikasi 1% terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Demonstrasi dengan metode Ceramah di SDN Karangmalang 01 Kecamatan Kedungbanteng Tegal. Hasil t - hitung adalah 5.173, sedangkan t-tabel adalah 2.66. Ini berarti bahwa t-hitung lebih besar dari pada t-tabel.
Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: "Metode Demonstrasi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dari pada metode Ceramah terhadap prestasi bahasa Inggris siswa SD kelas VI semester II".
Inggris :
MANOPO, DEDI. 2010. The Effect of Demonstrative Method toward Students' English Achievement at sixth grade of SDN Karangmalang 01, Kedungbanteng, Tegal in Academic Year 2009/2010. : An Experimental Study on SDN Karangmalang 01, Kedungbanteng, Tegal in Academic Year 2009/2010. Thesis. English Department. Drs. Masfuad E.S., M.Pd. Nur Anthoni E.T., S.S., M.Hum. Teacher Training and Education Faculty, Pancasakti University Tegal.
Key word : Demonstrative Method, Students' English Achievement.
The objective of the research based on the background is to get the information about the effect of demonstrative method toward students' English achievement at sixth grade of SDN Karangmalang 01, Kedungbanteng, Tegal in Academic Year 2009/2010. Based on theory and review of related literature, the research hypothesis is proposed as follow: The demonstrative method has positive effect toward students' English achievement at sixth grade of SDN Karangmalang 01, Kedungbanteng, Tegal in Academic Year 2009/2010 or not.
The population of this research is the whole students of sixth grade of SDN Karangmalang 01. Accordingly, this research will take sixty students, which are taken from students of sixth grade of SDN Karangmalang 01 and the writer uses test as the instrument of research .The forms of questions were in multiple choice. In the level of significant for sample is 1% and the degree of freedom is 58, it found that t-table is 2, 66 and t- test is 5. 173. It us that t-test is higher than t-table, so there is positive effect of demonstrative method at sixth grade of SDN Karangmalang 01, Kedungbanteng, Tegal in Academic Year 2009/2010.
Based on data analysis the writer concludes that demonstrative method has the positive effect toward students' English achievement at sixth grade of SDN Karangmalang 01, Kedungbanteng, Tegal in Academic Year 2009/2010. This could be proved from the result of data analysis that t-ratio is higher than t-table for each groups.
PBI081047 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain