Skripsi
An Analysis Of Mistakes Encountered By The First Year Students Of SMAN 02 Slawi In Writing Descriptive Text In Academic Year 2009/2010
Indonesia :
NURCHOLIS YUDA PRATAMA 1606501450. Analisis Kesalahan Yang Dilakukan Oleh Siswa Tahun Pertama SMA N 02 Slawi Dalam Menulis Teks Deskriptif Di Tahun Akademik 2009/ 2010. Tugas Akhir, Program Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1. Drs. Roffiudin, M. Hum, II. Taufiqullah, S. Pd.
Kata kunci: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menulis Teks Deskriptif.
Tujuan utama skripsi ini untuk menentukan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dan menemukan kesalahan siswa, karena siswa sering mengalami kesulitan dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis - jenis kesalahan dalam menulis teks deskriptif yang dilakukan oleh siswa SMAN 02 Slawi di tahun ajaran 2009/ 2010
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 02 Slawi, tahun ajaran 2009/ 2010, yang terdiri dari 8 kelas; yaitu X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7, dan X8. Total populasi adalah 304 siswa, yang mana diambil 38 siswa sebagai sampel. Untukj mendapatkan data menggunakan Random Sampling, karena populasi terdiri dari beberapa kelompok dan sampel diambil berdasarkan pertimbangan untuk mewakili tiap kelompok, jadi semua baik untuk mewakili.
Di instrument, penulis menggunakan tes menulis yang terdiri dari garis besar dalam menulis teks deskriptif. Kesalahan siswa dalam menulis teks deskriptif dikelompokkan dan dihitung untuk menemukan kesalahan yang paling dominan. Kesalahan siswa dikelompokkan dalam lima kategori. Mereka adalah isi, struktur teks, pemilihan kata, tata bahasa, dan mekani ( huruf kapital).
Penilaian kesalahan siswa dalam penilaian kesalahan adalah sebagai berikut; nilai paling rendah didapat oleh tata bahasa,yaitu 80. Ini menunjukan kesalahan paling banyak dilakukan oleh siswa. Selanjutnya adalah mekanik, khususnya pada penggunaan huruf capital. Mekanik mendapatkan nilai total 100. Pada bagian isi dan struktur teks mendapatkan total nilai 114. Itu adalah nilai yang sama. Terakhir pada pemilihan kata. Ini merupakan nilai paling tinggi. Pemilihan kata mendapatkan 115. Dapat disimpulkan bahwa kesalahan domonan adalah tata bahasa, karena mendapatkan nilai paling rendah.
Berdasakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA N 02 Slawi seharusnya diberikan latihan yang intensif dalam menulis. Ini diluar paksaan untuk dinformasikan pada kelas X dan guru SMA N 02 Slawi tentang hasil penelitian ini, jadi mereka dapat memperbaiki prosesw belajar mengajar.
Inggris :
NURCHOLIS YUDA PRATAMA 1606501450. An Analysis of Mistakes Encountered By The First Year Students of SMA N 02 Slawi In Writing Descriptive Text In Academic Year 2009/ 2010. Final Project, Strata 1 Program, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University Tegal. Advisors: I. Drs. Roffiudin, M. Hum, II. Taufiqullah, S. Pd.
Key word: An Analysis of Mistakes in Writing Descriptive Text.
This thesis mainly aims at determining students' mastery in writing descriptive text and finding out the students mistakes because the students often find difficulties writing descriptive text. This study is aimed at finding out various kinds of mistakes in descriptive writing encountered by the first year students of SMA N O2 Slawi in academic year 2009/ 2010.
The population of this study was the first year students of SMA N 02 Slawi in the academic year of 2009/2010 which consisted of eight classes; they were X1, X2, X3, X3, X4, X5, X6, X7, X8 class. The total number of the population was 304 students; out of which 38 students were chosen as the samples. Random sampling was used to collect the data because the population consisted of several groups and the samples were taken proportionally to represent each of the groups, so that they were all well represented.
The writer used a written test as the instrument of this study. The students' mistakes in their descriptive writing were classified and they were also counted to finding out the dominant mistakes. The students' mistakes were classified into five categories. Those were content, organization, word choice, grammar, and mechanics (capitalization).
The numbers of those mistakes in scoring mistakes were as follows: the lowest score got by the grammar, which are 80. It means the highest mistakes encountered by the students. The next level is the mechanic especially in using capitalization. The mechanics got total score 100. The content and text organization got total score 114. It is same score. The last is the word choice. It is the highest score than the others. The word choice got 115. It is concluded that the dominant mistakes lies on the use of grammar, because grammar got the lowest total score in their descriptive writing.
Based on the results of the research, it is suggested that the first year students of SMA N 2 Slawi should be given intensive exercises on grammar in their writing. It is quite necessary for the first year students and the teacher of SMA N 2 Slawi to be informed about the results of this study, so that they can improve their teaching learning process.
PBI081048 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain