Skripsi
A Descriptive Study on the Vocabulary Mastery of the Fifth Year Students of SDN Panggung 8 Tegal on the 1st Semester In Academic Year 2009/2010
Indonesia :
INDRIANI ADIASTUTI. 1605501214. 2010, A Descriptive Study On Vocabulary Mastery Of The Fifth Year Of SDN Panggung 8 Tegal Semester Satu In Academic Year 2009/2010, adalah skripsi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama: Drs. Rofiudin, M.Hum. Pembimbing Kedua: Taufiqulloh, S. Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Kosakata.
Skripsi ini adalah sebuah penelitian tentang kemampuan kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh siswa kelas V di SDN Panggung 8 Tegal.
Dalam Penelitian ini, Penulis mencoba untuk meneliti kemampuan kosakata Bahasa Inggris siswa di SDN Panggung 8 di Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kosakata bahasa Inggris yang dimiliki siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Panggung 8 di Tegal yang memiliki proses pembelajaran bahasa Inggris dan memerlukan waktu enam bulan penelitian. Penulis menggunakan metode tes, yaitu tes ulangan harian siswa, dan tes vocabulary berdasarkan materi pada semester satu sebagai instrumen penelitian. Penulis juga menganalisa tingkat validitas dan reliabilitas soal vocabulary yang berupa pilihan ganda dengan menggunakan rumus product moment dan KR-20 formula. Berdasarkan hasil analisa validitas dan reliabilitas test yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda tentang vocabulary, Penulis mendapatkan hasil dari salah satu soal yaitu no 8, hasil dari validitas no 8 adalah 0,446 dan r table adalah 0,312; 0,446 > 0, 312 maka soal no 8 dinyatakan valid serta hasil dari reliabilitas dari no 8 adalah 0,86041 dan r table 0,463; 0, 86041 > 0, 463 maka soal no 8 dinyatakan reliable. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik penunjukan. Penulis mengambil siswa kelas V SDN Panggung 8 sebagai sample penelitian.
Setelah penulis mendapatkan data, penulis menganalisanya kemampuan kosakata (vocabulary) dengan menggunakan rumus prosentase.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kosakata berdasarkan materi siswa kelas 5 Semester Satu SDN Panggung 8 Tegal adalah Daily Activities 75 %, Telling Times 72 %, Hobbies 77 %, Toys and Games 82 %, Foods and Drinks 75 %, dan Clothes 74 %; berdasarkan data tersebut maka materi tersulit bagi siswa adalah Telling Times dan Materi termudah bagi siswa adalah Toys and Games. Sedangkan kemampuan kosakata berdasarkan struktur grammatical, kata benda (noun) 79%, kata kerja (verb) 73%, dan kata keterangan (adverb) diperoleh 63%.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar pembelajaran di SD diberikan secara mumpuni dengan disesuaikan pada kapasitas kemampuan siswa tingkat kesulitan materi serta waktu pembelajaran yang sesuai.
Inggris :
INDRIANI ADIASTUTI. 1605501214. 2010, A Descriptive Study Of Vocabulary Mastery On The Fifth YearOf SDN Panggung 8 Tegal On The First Semester In Academic Year 2009/2010, A Thesis of English Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Pancasakti University Tegal. First advisor: Drs. Rofiudin, M.Hum. Second Advisor: Taufiqullah, S. Pd.
Keywords: Vocabulary Mastery
This thesis is a study of vocabulary mastery English Learning of the fifth year students in SDN Panggung 8 Tegal.
In this study, the writer tries to find out the vocabulary mastery of English on the fifth year students in SDN Panggung 8 Tegal. The objective of this study is to find out how far of vocabulary mastery in English Learning of the fifth year students in Elementary School.
This thesis was conducted in SDN Panggung 8 Tegal that has English Learning and takes only sixth months of the research. The writer uses test methods; they are student worksheet, and vocabulary test based on the 1st semester material as the instrument of the research. The writer also analyzes the validity and reliability of the multiple choice test and she uses a product moment and KR-20. Based on the validity and reliability, the analysis of test that consists of 30 number of multiple choice about the vocabularies, for example validity no 8, the result of validity no 8 is 0,446 and r table is 0,312; 0,446 > 0,312 so number 8 is considered valid, then the result of reliability no 8 is 0,86041 and r table is 0,463; 0,86041 > 0,463 so no 8 is considered reliable. The sample is gathered by using a choosing sampling. The writer takes only students of fifth year in SDN Panggung 8 Tegal as the sample of the research.
After the writer gets the data, she analyzes the vocabulary mastery by using percentage formula.
The result of the research shows that vocabulary mastery of material the fifth year students in the 1st semester in SDN Panggung 8 Tegal are as follows: The Daily Activities is 75 %, Telling Times is 72 %, Hobbies is 77 %, Toys and Games is 82 %, Foods and Drinks 75 %, and Clothes is 74 % from the count of percentage "Telling Times" is the most difficulty and "Toys ad Games" is the easiest. While the vocabulary mastery of the grammatical frame works form, noun mastery is 79%, verb mastery 73%, and adverb mastery 63%.
Based on the result of the research, the writer suggest that English learning in Elementary school must be given comprehensively, it should be based on the students ability, the time allotment should be suitable with the quality of the material.
PBI081049 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain