Skripsi
Common Grammatical Errors in Writing Activities Made by the First Year Students of Senior High School 3 Tegal in Academic Year 2009/2010
Indonesia :
Ayu Istiqomah. 1606501413. 2010. COMMON GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT MADE BY THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMA N 3 TEGAL IN ACADEMIC YEAR 2009/2010. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing: I. Drs. Rofiudin, M. Hum., II. Sumartono, S.Pd.
Kata kunci: kesalahan-kesalahan gramatika, menulis
Saat ini, belajar bahasa Inggris menjadi sangat penting karena kita tahu bahwa bahasa Inggris adalah sebuah bahasa Internasional yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia. Di Indonesia, bahasa Inggris dipelajari sebagai bahasa asing. Mempelajari bahasa yang berbeda terkadang terasa sulit karena bahasa yang dipelajari memiliki elemen-elemen yang berbeda dengan bahasa asli. Perbedaan ini terkadang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menggunakannya.
Tujuan skipsi ini adalah untuk memaparkan kesalahan-kesalahan gramatika yang dibuat oleh siswa kelas 1 di SMA N 3 Tegal pada tahun ajaran 2009/2010. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SMA N 3 Tegal, jumlahnya 264 siswa. 30 siswa diambil secara acak untuk dijadikan sampel.
Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dimana data diambil dari karangan yang dibuat oleh siswa. Karangan tersebut kemudian dianalisa dan dikelompokkan ke dalam sembilan kelompok. Yaitu; kesalahan dalam penggunaan kata benda, kesalahan dalam penggunaan kata ganti, kesalahan dalam penggunaan kata kerja, kesalahan yang muncul karena kebingungan penggunaan kata sifat dan kata keterangan, kesalahan dalam penggunaan preposisi, kesalahan dalam penggunaan artikel, kesalahan dalam penggunaan kata penghubung, kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan kesalahan dalam susunan kata. Setelah dikelompokkan, data tersebut dihitung dan disusun dalam bentuk tabel.
Dari hasil yang ada di bab IV, penulis menyimpulkan bahwa siswa membuat 273 kesalahan yang terdiri dari 151 kesalahan dalam penggunaan kata kerja, 30 kesalahan dalam penggunaan kata ganti, 26 kesalahan dalam penggunaan kata benda, 20 kesalahan dalam penggunaan tanda baca, 20 kesalahan dalam penggunaan preposisi, 18 kesalahan dalam penggunaan artikel and 7 kesalahan dalam susunan kata. Penulis juga menyimpulkan bahwa siswa masih membutuhkan lebih banyak latihan tentang kata kerja.
Penulis munyarankan agar guru memberikan penjelasan yang lebih jelas mengenai peraturan gramatika dalam bahasa Inggris, terutama tenses, sehingga para siswa bisa lebih mengerti tentang jenis-jenis tenses dalam bahasa Inggris.
Inggris :
Ayu Istiqomah. 1606501413. 2010. COMMON GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT MADE BY THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMA N 3 TEGAL IN ACADEMIC YEAR 2009/2010. Thesis. Teacher Training and Education Faculty of Pancasakti University Tegal. Advisors: I. Drs. Rofiudin, M. Hum., II. H. Sumartono, S.Pd.
Key words: Grammatical errors, writing.
Learning English becomes very important nowadays, since we know that English is one of the international languages which can be used to communicate around the world. In Indonesia, English is learnt as a foreign language. Learning a different language is sometimes difficult since the target language has different elements compared to the native language. These differences sometimes cause students to make errors when using it.
The objective of this thesis is describing the grammatical errors in writing made by the first year students of SMA N 3 Tegal in the academic year of 2009/2010. The population of this research is all the first year students of SMA N 3 Tegal, the total number is 264 students. 30 students are randomly chosen to become sample.
The writer uses the qualitative approach of which the data are obtained from the students' recount text writing. These writings are then analyzed and classified into nine groups. They are errors in using noun, errors in using pronoun, errors in using verb, errors arising from the confusion of adjectives and adverbs, errors in using preposition, errors in using article, errors in using conjunction, errors in using punctuation and errors in word order. After being classified, the data are calculated and arranged in the form of table.
From the result in chapter IV the writer can conclude that the students make 273 grammatical errors that consist of 151 errors in using verb, 30 errors in using pronoun, 26 errors in using noun, 20 errors in using punctuation, 20 errors in using preposition, 18 errors in using article and 7 errors in word order. the writer also concludes that the students still need more practices dealing with verb(tenses).
The writer suggests that teachers should give more clear explanation of grammatical rules in English, particularly in tenses, so that the students will understand more about all kinds of tenses in English.
PBI081050 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain