Skripsi
Studi Deskriptif Tentang Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Vocabulary Bahasa Inggris di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
Indonesia :
Hariati Meiti. 1603500982. Studi Deskriptif Tentang Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Vocabulary Bahasa Inggris di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 Skripsi. Tegal : Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 2009.
Kata kunci : Kesulitan siswa, kosa kata, siswa kelas VI Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa sajakah yang dihadapi siswa Sekolah Dasar dalam mempelajari vocabulary.
Penelitian ini dilakukan dengan metode angket (questionnaire). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal yang berjumlah 29 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel.
Instrumen penelitian teruji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Validitas diuji dengan Teknik Korelasi Pearson, dan hasil pengujian menunjukkan semua butir kuesioner yang digunakan dalam penelitian mempunyai validitas yang tinggi, ditunjukan oleh nilai r semua butir kuesioner > r tabel (0,2451). Reliabilitas diuji dengan teknik Cronbach, dan hasil pengujian menunjukan semua butir pernyataan dalam kuesioner adalah reliabel, ditunjukan oleh nilai alpha sebesar 0,8125 < r tabel (0,2451). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif (% jawaban responden).
Hasil penelitian ini menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Kesulitan mengucapkan mempunyai skor 81,89 % dan termasuk kategori sangat dominan, kesulitan mengartikan mempunyai skor 75,52 % dan termasuk kategori sangat dominan, kesulitan menghafal mempunyai skor 55,17 % dan termasuk kategori dalam dominan, kesulitan yang bersumber dari guru mempunyai skor 40,17 % dan termasuk kategori cukup dominan, Kesulitan yang dihadapi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2098 dalam mempelajari vocabulary yang sangat dominan adalah kesulitan dalam mengucapkan, kemudian tingkat kesulitan berikutnya setelah mengucapkan adalah kesulitan dalam mengartikan, kemudian kesulitan menghafal dan tingkat terakhir adalah kesulitan mempelajari vocabulary yang bersumber dari guru.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal khususnya, sebagai bahan masukan bagi pimpinan sekolah dalam usahanya untuk terus meningkatkan kemampuan siswanya menguasai Bahasa Inggris khususnya materi vocbulary.
Inggris :
Hariati Meiti. 1603500982. A Studi Deskriptif Tentang Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Vocabulary Bahasa Inggris di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 Thesis. Tegal. The Program Of Strata 1, Teacher Training And Education Faculty, Pancasakti University Tegal 2009.
Key Word : Students Difficulties, Vocabulary, The Sixth Year Elementary Students.
This study shows that there are many difficulties faced by the sixth year students of elementary school in learning vocabulary.
The research used questionnaire method. The population of the study is all the students of the sixth year at Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 1 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal which consist of 29 students, and the sample of this study is all the students.
The instrument of this study is tested to other students to get the validity and the reliability of the questionnaire. The validity is tested by using pearson correlation technique. And the result shows that all of item which is used in this study has high validity. It is showed by r of all questionnaire items > r table (0,2451). The reliability is tested by using cronbach technique, and the result shows that all of item are reliable. It is showed by alpha (0,8125) > r table (0,2451). The technique of data analysis which is used in this study is descriptive statistic (% respondents answers).
The result of this study are as follows: The difficulties of spelling (81,89%) and the difficulties of translatin (75,52%) are in the category very dominant. Meanwhile the difficulties of memorizing (55,17%) and the difficulties of teacher's resource (40,17) are in the category dominant. This study show that the most difficulties faced by the students of class VI SD Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal in learning vocabulary is the difficulties of spelling and then followed by the difficulties of translating, the difficulties of memorizing and the difficulties of teacher's resource.
The difficulties faced by the sixth year students of Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal in academic year 2008/2009 in learning vocabulary. Which is categorized very specific difficulties is spelling, ad followed by difficulties in memorizing and the last category is difficulties which is caused by the teacher.
This result of this study is hoped to be useful for the students of Sekolah Dasar Negeri Kedungjati 1 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, especially for the head master in order to increase the ability of his students in mastering english especially the vocabulary of english.
PBI081054 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain