Skripsi
Analisis Penyebab Kesulitan Siswa Terhadap Pembelajaran Reading Bahasa Inggris
Indonesia :
IIN QOMARIYAH, 2010, Skripsi. "Analisis Penyebab Kesulitan Siswa terhadap Pembelajaran Reading Bahasa Inggris Kelas VII (Suatu Penelitian di MTs. Jatibogor Kecmatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010".
Kata Kunci : Penyebab kesulitan, reading
Skripsi ini adalah sebuah penelitian tentang penyebab kesulitan pembelajaran reading bahasa Inggris yang dihadapi siswa kelas VII MTs. Jatibogor Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan pembelajaran reading baahsa Inggris yang dilaksanakan di MTs. Jatibogor Tahun Pelajaran 2009/2010.
Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa dari jumlah populasi sebanyak 360 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Adapun instrument yang digunakan adalah angket terbuka dengan sistem penghitungan dalam penelitian ini menggunakan sistem pengskoran dengan nilai skor minimal 0,00 dan nilai skor tertinggi 4,00.
Dari hasil analisa data dari jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTs. Jatibogor Kecamatan Suradadi pada umumnya masih kesulitan dalam pembelajaran reading bahasa Inggris dikarenakan beberapa faktor diantaranya motivasi dan minat membaca siswa memperoleh skor 3,25 dengan kategori tinggi, metode, teknik dan materi pelajaran memperoleh skor 3,16 dengan kategori tinggi, penguasaan tata bahasa memperoleh skor sebesar 2,66 dengan kategori sedang, serta sarana dan bahan penunjang memperoleh skor sebesar 2,88 dengan kategori sedang.
Menurut analisis data diatas, faktor penyebab kesulitan siswa yang dominan dalam pembelajaran reading bahasa Inggris siswa kelas VII MTs. Jatibogor Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2009/2010 adalah siswa kurang menguasai tata bahasa dan kurangnya bahan penunjang yang ada di sekolah.
Peneliti ingin memberikan saran kepada guru bidang studi bahasa Inggris agar dalam pembelajaran reading bahasa inggris perlu dijelaskan juga tentang tata bahasa yang berhubungan dengan teks bacaan. Bagi siswa perbanyaklah membaca teks bahasa inggris walaupun tidak mengetahui 100% maksud atau tujuan dari isi bacaan.
Inggris :
IIN QOMARIYAH, 2010, Thesis. "The Difficulties Factors Analisys in Reading English Learning Class VII (The Research in MTs. Jatibogor Suradadi Distric Tegal Regency in Academic Year 2009/2010".
Kata Kunci : difficulties factor, reading
This thesis is a research about the analysis of difficulties factors in reading English learning students class VII MTs. Jatibogor Suradadi district Tegal regency in academic year 2009/2010.
The goal of this research is to know some factors of students difficulties in reading English learning.
The research is held in MTs. Jatibogor Suradadi in academic year 2009/2010. The researcher uses cluster sampling to take the sample analysis. The total sample is 40 students from the total population of class VII is 360 students. The instruments of this research used angket with calculation system is skor where the minimal skor is 0,00 and the maximum skor is 4,00.
Based on the result of data analysis, the researcher can conclude that the students of MTs. Jatibogor Suradadi Class VII, in generally, still have many difficulties factors of reading English learning. Some of them is the motivations and interest have skor 3,25 in category high, method, technique and learning subject have skor 3,16 in category high, grammar mastering have skor 2,66 in category fair, and material have skor sebesar 2,88 in category fair.
According the data analysis, the difficulties factors in reading English learning students class VII MTs. Jatibogor Suradadi district Tegal regency in academic year 2009/2010 is in understanding of grammatical and less of material in MTs Jatibogor Suradadi.
Thr researcher wants to give suggestion to the English teacher in order to reading English have to explain grammatical more before in order to the student can understand what they read. To the students read the text English more although don't purpose and reading aim.
PBI081055 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain