Skripsi
Penerapan Metode Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris bagi Siswa SMA Kelas X suatu Penelitian di SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
YULIATIN. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris bagi Siswa SMA Kelas X (Suatu Penelitian di SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Interaktif, Bahasa Inggris.
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran interaktif dapat atau tidak dapat meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Inggris SMA Al-Irsyad Kota Tegal kelas X. Hipotesis kerja yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah "Penerapan metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Inggris"
Populasi penelitian berjumlah 238 siswa. Responden penelitian diambil melalui teknik cluster random sampling sejumlah 68 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Analisa data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar dengan pembelajaran interaktif dan pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa "Penerapan metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris SMA Al-Irsyad Kota Tegal kelas X". Hal ini ditunjukkan hasil uji-t dengan thitung = 2,19 dan hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen yang dilakukan pembelajaran dengan metode interaktif lebih baik dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Saran yang dapat disampaikan agar guru menggunakan metode pembelajaran interaktif dalam pembelajaran bahasa Inggris, agar siswa lebih aktif belajar dan mengembangkan potensinya.
Inggris :
YULIATIN. 2010. Implementation of Interactive Learning Method for Improving English Language Learning for High School at the Tenth Grader (The Experimental Research at the Tenth Grader of SMA Al-Irsyad Tegal in Academic Year of 2009/2010). Thesis. Department of Education English .FKIP. Pancasakti University.
Keywords: Method of Learning, Interactive, English
The aim of the research is to know the implementation of interactive learning method for improving english language for high school at the tenth grader of SMA Al-Irsyad Tegal in academic year of 2009/2010. The hypothesis of this research is that " Implementation of interactive learning methods can improve English language learning outcomes"
The population of the research is 238 students. Respondents is 68 students taken by using cluster random sampling technique. The method of data collection is by using t-test method and documentation. The method of data analysis uses statistics method t-test to know whether there is any difference in academic achievement with interactive learning and conventional learning.
The results of the research show that "The implementation of interactive learning method can improve English language for high school at the tenth grader of SMA Al-Irsyad Tegal in academic year of 2009/2010". It is shown by the t-test result t calc = 2.19 and the average value of the experimental group performed the learning with an interactive method is better than the average value of the control group was taught with conventional learning. The suggestion related to the results of the research is that teachers use interactive learning method in learning English, and to make students more active in learning and developing their potential.
PBI081065 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain