Skripsi
THE ATTEMPTS TO IMPROVE THE STUDENT'S SKILL IN MASTERING VOCABULARY BY USING FLASHCARDS (A Classroom Action Research at Fourth Grade of SDN Ketanggungan 02 Academic year 2009/2010)
Indonesia :
HASTUTI : "UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN FLASHCARD (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas 4 SDN Ketanggungan 02 Tahun Akademik 2009/2010)".
Skripsi Program Strata I Progdi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan dan Keguruan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Flashcard, Penguasaan Kosakata
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan flashcard dan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas 4 SDN Ketanggungan 02 Tahun Akademik 2009/2010.
Berdasarkan teori, hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut. Ada peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris dan ada peningkatan ketrampilan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penggunakan flashcard di dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Ketanggungan 02 Dukuhturi, Tegal Tahun Akademik 2009/2010 dengan jumlah 28 siswa, 20 siswa putra dan 8 siswa putri.
Data penelitian ini diambil dari instrumen tes kosakata bahasa Inggris yang meliputi ejaan, pemilihan kata, pengucapan dan arti kata.
Penelitian Tindakan Kelas ini dibagi menjadi 2 sikulus yaitu siklus 1 dan siklus 2. KKM individu dalam penelitian tindakan kelas adalah 6.0 sedangkan KKM klasikal dalam penelitian ini adalah 80%. Melalui penggunaan flashcard hasil siswa pada siklus 1 yaitu 65% (18 siswa) yang telah mencapai KKM. Dan pada siklus 2 hasil siswa adalah 85% (24 siswa) yang telah mencapai KKM.
Berdasarkan hasil di atas, maka kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris dan ada peningkatan ketrampilan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas 4 SDN Ketanggungan 02 Tahun Akademik 2009/2010
Inggris :
HASTUTI. 2010. "THE ATTEMPTS TO IMPROVE THE STUDENT'S SKILL IN MASTERING VOCABULARY BY USING FLASHCARDS (A Classroom Action Research at Fourth Grade of SDN Ketanggungan 02 Academic year 2009/2010)".
Thesis Strata 1 Program, English Departement, Teacher Training and Education Faculty Pancasakti University Tegal.
Key Word : Flashcard, Mastering Vocabulary
The objective of the study is to know the increase of students' acitivities in English learning by using flashcard and to know the improvement of the student's skill in mastering vocabulary of the fourth grade students of SDN Ketanggungan 02 in academic 2009/2010.
Based on the theories, the hypothesis of this study is proposed as follows. There is increase of students' activities and improvement of the student's skill in mastering vocabulary by using flashcard in English learning.
The population of this CAR (Classroom Action Research) is the fourth grade students of SDN Ketanggungan 02 Dukuhturi, Tegal academic year 2009/2010, the total number of them is 28 students, there are 20 boys and 8 girls.
The data of this research are taken from vocabulary test instrument which consists of spelling, diction, pronounciation and meaning.
This CAR is divided into 2 cycles, cycle one and cycle two. The individual MPC (Minimum Passing Criteria) of this CAR is 6,0 and the classical MPC (Minimum Passing Criteria) is 80%. By using flashcard, in cycle one the result is 65% (18 students). It means that 18 students have reached the MPC. And in cycle two the result is 85% (24 students). It means that 24 students have reached the MPC.
Based on the result above, the conclusion of this research is there is increase of students' activities and improvement of the student's skill in mastering vocabulary by using flashcard in English learning of the fourth grade students of SDN Ketanggungan 02 Academic Year 2009/2010.
PBI081068 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain