Skripsi
A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING LISTENING FOR THE SECOND YEAR STUDENT OF SMKN 1 SLAWI ( A Descriptive study in SMKN 1 Slawi academic year 2007 - 2008 )
Indonesia :
INDAH SRI LESTARI, 1603501025 (2010), Study Deskriptif tentang Pengajaran Listening pada siswa kelas 2 SMKN 1 SLAWI ( Suatu Penelitian Deskriptif di SMKN 1 SLAWI tahun ajaran 2007 - 2008). Skripsi 2010, Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Masfuad, ES M.Pd dan Pembimbing II : H. Sumartono, S.Pd
Kata kunci : Metode Audio Lingual , Pelatihan TOEIC, Bahasa adalah kebiasaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengajaran listening melalui pendekatan kualitatif yang menggunakan metode alur guna mengetahui teknik dan metode yang digunakan guru pengajar listening pada kelas 2 SMK selama semester 2 tahun ajaran 2007 - 2008. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas 2 Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang berjumlah 37 orang siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah guru kelas 2 SMKN 1 Slawi. Sedangkan yang membantu peneliti dalam hal perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan adalah Kepala Sekolah SMKN 1 SLwi.
Data dikumpulkan melalui observasi yang dilakukan dikelas dengan mengamati cara mengajar dari guru Bahasa Inggris terutama dalam pengajaran listening, mengamati interaksi antara guru dan siswa dalam kelas. Pengajaran listening ditekankan pada English Day dan pelatihan TOEIC yang bertujuan agar nantinya output dari Sekolah Menengah Kejuruan ini biSa langsung siap pakai dimasyarakat.
Kemudian dilaksanakan interview, peneliti melakukan wawancara dengan beberapa siswa dan guru Bahasa Inggris disekolah tersebut untuk mendapatkan jawaban yang tepat dan dapat diambil kesimpulan yang tepat pula. Selain observasi dan interview, peneliti juga memberikan tes listening dalam kategori TOEIC untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami dan menguasai materi listening yang diajarkan.
Untuk mendapatkan data yang memadai, peneliti juga mengkaji beberapa literature yang berkaitan dengan pengajaran listening.
Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif selama proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Teknik penguasaan listening siswa dititikberatkan pada pelaksanaan English Day, pelatihan TOEIC dan pengoptimalan penggunaan fasilitas sekolah 2) Metode yang digunakan guru adalah Metode Audio Lingual dengan kombinasi proses pembelajaran antara menulis, membaca, berbicara dan mendengarkan yang berfokus pada pengertian bahwa bahasa adalah kebiasaan.
Inggris :
INDAH SRI LESTARI, 1603501025 (2010), A Descriptive Study on Teaching Listening for the second year students of SMKN 1 Slawi ( A Descriptive study in SMKN 1 Slawi academic year 2007 - 2008 ). Thesis 2010, Degree of Sarjana Pendidikan in English. Teacher Training and Education faculty of Pancasakti University Tegal. First Advisor : Drs. Masfuad, ES M.Pd. Second advisor : H. Sumartono S.Pd
Key Words : Audio Lingual Method, TOEIC training and language is a habit.
The objective of this thesis is to describe the process of teaching listening and learning for listening through qualitative approach for the second year student of SMK during the second semester in academic year 2007 - 2008.
The subjects of this research in the second year students of SMKN 1 Slawi , there are 37 students.
The subjects who did the research are the teacher of the second year students. And the person who help the researcher in arranging the plans, submitting the data , data analysis and getting the conclusion is the headmaster of SMKN 1 Slawi.
The data have submitted through observation in the class or laboratory, to observe the teaching process especially for listening, its used to know the interaction between the teacher and the students. The teaching listening process is emphasized to the English Day and TOEIC training to get good graduater from this school.
Then, the researcher did the interview with some of the students and the English Teachers to get the answers of this research and making a good conclusion. Besides the observation and interview, the researcher have been given the test of listening in TOEIC category to know about how far the students could master the material which have been given by the teacher.
To get the data maximally, the researcher reading a lot of literature which according the teaching listening .
Analysis data is descriptive qualitative with interactive analysis, they are submitting the data, data reduction, data verification, and arrange the conclusion.
The result of this research are : 1) The technique to master the listening material is emphasized to English Day , TOEIC training and optimalization of school facilities 2) The method which used by the teacher is Audio Lingual Method by combining the learning process among writing, reading, speaking and listening which is focused on the understanding that learning is a habit.
PBI081073 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain