Skripsi
Upaya Peningkatan Kemampuan Writing dengan Menggunakan Media Gambar Seri Satu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SDN Cangkring 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
AHMAD FIRMANTO. 2010. NPM : 1605501241, 2010. "Upaya Peningkatan Kemampuan Writing dengan Menggunakan Media Gambar Seri Satu penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SDN Cangkring 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Pembimbing I : Drs. Rofiudin, M.Hum. dan Pembimbing II : H. Sumartono, S.Pd
Kata Kunci : Media gambar seri, meningkatkan kemampuan menulis
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan kepada siswa kelas 6 SD Negeri Cangkring 02 Talang. Menurut pengamatan penulis pada kelas enam SD Negeri Cangkring 02 Talang banyak siswa yang merasa sulit ketika belajar bahasa Inggris terutama menulis. Siswa merasa susah dalam menuangkan idenya. Fenomena ini merupakan salah satu keprihatinan guru yang perlu dipecahkan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan writing siswa dengan menggunakan media gambar seri melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Di dalam melaksanakan penelitian, penulis bekerja sebagai guru bahasa Inggris. Penulis mengambil dua siklus, pada setiap siklus ada perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Ada data kualitatif dan data kuantitatif didalam penelitian ini. Data kualitatif adalah dokumentasi dan pengamatan. Data kuantitatif telah dikumpulkan melalui tes menulis kemudian data ini dianalisa menggunakan persentase dan penghitungan uji-t. Ada dua tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu peningkatan kemampuan writing dan penerapan media gambar seri.
Berdasarkan pada hasil penelitian aktivitas writing siswa di dalam kelas penggunaan media gambar seri bisa meningkatkan kemampuan menulis siswa, dalam persentase yang menunjukan peningkatan 12% dari pra siklus (48,7) ke siklus I (60,7), and peningkatan 9% dari siklus I ke siklus II(70,6)
Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyimpulkan bahwa media gambar seri bisa meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kebanyakan dari siswa setuju untuk menggunakan media gambar seri dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan pada hasil tes menulis, penulis menyimpulkan siswa merasa lebih tertarik dan lebih mudah menulis dengan menggunakan media gambar seri sebagai media pengajaran menulis.
Inggris :
AHMAD FIRMANTO. 2010. NPM : 1605501241, 2010. "The Effort to Improve Writing Ability by Using Picture Series Media. A Classroom Action Research at Sixth Grade Student of SD Negeri Cangkring 02 Talang In Academic 2009/2010 " Thesis. English Language Education . Drs. Rofiudin, M.Hum. H. Sumartono,S.Pd. English Department Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University.
Keyword : Picture Series Media, Improving Writing Ability
The research is a classroom action research that is done to the sixth grade students of SD Negeri Cangkring 02 Talang. According to perception of researcher at sixth grade of SD Negeri Cangkring 02 Talang most of students feel difficult the study English, especially writing. Students feel difficult in starling their ideas. These phenomena is a problem that must be solved by teachers. Therefore the aim of this research is to improve student's writing ability by using picture series media through Classroom Action Research (CAR)
In conducting the research, the writer work as the teacher in that class. The writer take two cycles, there are planning, acting, observing, evaluating, and reflecting. There are qualitative and quantitative data in this research. The qualitative data is documentation and observation. The quantitative data are analysis by using Writing test then this data are analyzed by using percentage and extrapolation t-ratio. There are two actions becoming focus strive trouble-shooting, that is improving writing ability and picture series as the media of teaching learning.
Based on the observation result of the student' writing activity in the classroom, the use of picture series can improve the student' writing ability, in percentage which show improvement 21 % from pre cycle (48,7) to cycle I (60,7), and improvement 9 % from cycle I to cycle II (70,6).
Based on these result, writer concludes that picture series media can improve the students' writing ability. Most of the students feel interested when the picture series used in teaching learning process. Based on the result of writing test they feel more interested and easier to write by using picture series as the media of writing teaching learning.
PBI081075 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain