Skripsi
Pengaruh Penerapan Metode Dikte Terhadap Hasil Belajar Listening Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
URIP EDY SAROSO. 2010. Skripsi. " Pengaruh Penerapan Metode Dikte Terhadap Hasil Belajar Listening Siswa SMP Kelas VIII ( Suatu Penelitian di SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 )".
Kata Kunci : Pengaruh Metode Dikte, Hasil Belajar Listening
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan metode dikte terhadap hasil belajar listening siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Pagerbarang.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, maka hipotesis penelitian ini adalah " Metode dikte berpengaruh positif terhadap hasil belajar listening siswa SMP ".
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Pagerbarang dengan jumlah 320 siswa. Sebagai sampel penelitian berjumlah 60 siswa diambil dengan teknik random sampling kemudian sampel dibagi menjadi dua kelompok, 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan memberikan tes langsung atau evaluasi lisan sebanyak 30 soal. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis uji-t.
Hasil analisis data, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 58 menunjukan bahwa t-tabel = 2,000 sedangkan t-hitung = 2,652. Dengan demikian t-hitung lebih besar dari t-tabel, berarti hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Metode dikte berpengaruh positif terhadap hasil belajar listening siswa SMP Negeri 01 Pagerbarang.
Inggris :
URIP EDY SAROSO. 2010. Thesis. "The Influence of Using Dictation Method on Listening Result of the eighth grade Junior High School students ( the research held in SMP Negeri 01 Pagerbarang Class VIII in Academic year 2009/2010 )".
Keyword : The Influence of Dictation Method, Listening Result
The Objective of this research is to find out the influence of using dictation method on listening result for the eighth grade junior high school students of SMP N 01 Pagerbarang.
Based on the theory of dictation method and the English listening result, the research hypothesis is proposed as follows " dictation methode gives positive effect on listening result of junior high school students ".
Population of this research is the eighth grade students of SMP N 01 Pagerbarang, the number of students is 30 students. The number of sample is 60 students that is devided into two groups. The first group is an experimental group, which consists of 30 students, and the second group is a control group which consists of 30 students. The writer uses random sampling technique to take research sample. The writer uses test as the research instrument orally, the number of test is 30 items, the data is analyzed by using t-test.
Based on the computation data analysis with degree of significance 5 % and degree of freedom, it shows that t-table is 2,000, while t-data is 2,652. t-data is higher than t-table, so that hypothesis of the research is accepted.
Based on the result of this research, it could be concluded that dictation methode gives positive effect on listening result for junior high school students of SMP N 01 Pagerbarang.
PBI081077 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain