Skripsi
Media Cerita Bergambar sebagai Sarana Peningkatan Penguasaan Kosakata pada Siswa Sekolah Dasar (Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)
Indonesia :
CHRISTANTI WIDIASTUTI. 1605501250. "Media Cerita Bergambar Sebagai Sarana Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Sekolah Dasar( Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. 2010. Program Strata 1. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Cerita Bergambar, dan Penguasaan Kosakata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui "apakah ada pengaruh positif pada penggunaan media cerita bergambar terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010".
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini adalah "Penggunaan Media Cerita Bergambar memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010".
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Danareja 02 Kec Balapulang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa. yang terdiri dari kelompok uji coba 20 siswa, kelompok eksperimen 20 siswa, dan kelompok kontrol 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak.
Data penelitian ini diperoleh dengan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Analisis untuk penelitian ini dilakukan dengan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan validitas sebesar 0,657, reliabilitas 0, 654 pada KKM 62, dan t-hitungnya adalah 2,660, dan setelah dikonsultasikan ke t-tabel pada taraf signifikan 5% maka diperoleh t-tabel 2,021 hasil penelitian menunjukan t-hitung lebih besar dari t-tabel, dengan demikian Hi diterima dan Ho ditolak.
Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal tersebut efektif.
Inggris :
CHRISTANTI WIDIASTUTI. 1605501250. "Pictorial Story as Medium Toward Vocabulary mastery of Elementary School ( A Research Experimental In SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal in academic year 2009/2010)". Thesis. 2010. Strata 1 Program. English Department Faculty of Educational and Teaching Learning, Pancasakti University Tegal.
Key word : Pictorial Story, and Vocabulary mastery.
The purpose of this research is to know " The positive effect of using pictorial story toward vocabulary mastery of the fourth year students of SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal in academic year 2009/2010 ".
Based on theoretical background and logical frame work., the hypothesis of this research is proposed as follows. The uses of pictorial story give positive effect on vocabulary mastery in the fourth year students of SD Negeri Danareja 02 Kec. Balapulang Kab. Tegal in academic year 2009/2010.
The population of the research is all of the fourth year students of all SD Negeri Danareja 02 Kec Balapulang Kab. Tegal, the semple of the research are 60 students. They are try out group which consist of 20 students, exsperimental group which consists 20 students, and control group which consists 20 students. The samples are taken by using random sampling.
The data of this research is gained by multiple choice test, which consist 30 items. The analysis of this research is caculated by using t-test.
The result of this research shows that validity 0,657, reability 0,654 at KKM 62, and t-test 2,660 whereas t-table of significant 5% is 2,021. The result shows that t-test is higher than t-table. So Hi is accepted and Ho is refused.
The conclusion of this research that the use of pictorial story toward vocabulary mastery of the fourth year students of SD Negeri Danareja 02 Kec Balapulang Kab. Tegal is effective
PBI081079 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain