Skripsi
Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Writing Siswa Sekolah Dasar Kelas V Semester II
Indonesia :
NUR LAILY ARIFIANI. "Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Writing Siswa Sekolah Dasar Kelas V Semester II SD Negeri 1 Karanganyar Tegal" Skripsi. 2010. Program strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Drs. Masfuad ES, M.Pd, pembimbing II : Dra. Hj. Sri Wardhani, M.Pd.
Kata Kunci : Media Audiovisual dan Pengajaran writing
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audiovisual mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan writing siswa kelas V SDN 1 Karanganyar Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Penggunaan media audiovisual berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis (writing) Bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Dasar.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V Semester II dengan jumlah siswa 60 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sample 40 siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok I terdiri dari 20 siswa dan kelompok II terdiri dari 20 siswa.
Analisis data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Uji-t untuk mengetahui perbedaan nilai mean dari dua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 5% terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan writing siswa yang diajar menggunakan media audiovisual dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media audiovisual di Sekolah Dasar. Dibuktikan pada perhitungan hasil dari t-hitung 5,0429 dan dari tabel 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel.
Simpulan penelitian adalah bahwa penggunaan media audiovisual mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan writing siswa.
Inggris :
NUR LAILY ARIFIANI. "The Effectiveness of using audiovisual media on Writing achivement of the Fifth Year Students in the second semester of SDN 1 Karanganyar Tegal". Thesis . 2010. Strata 1 Program. Faculty of Educational and Teaching Training Pancasakti University Tegal. Advisor 1 : Drs. Masfuad ES, M.Pd, Advisor II : Dra. Hj. Sri Wardhani, M.Pd.
Keyword : Audiovisual media, student writing achivement
The aim of this research is to know whether using of audiovisual media has positif effect on writing achivement of the fifth year student of SDN karanganyar Tegal in Academic years 2009/2010.
Based on the learning theories and the frame of thinking, the hipotesis of this research is proposed as follows : "using of audiovisual media has positif effect on writing achivement of elementary school.
The population of the research is all students in the second semester of SDN Karanganyar 1 Tegal which consist of 60 students. The total is to take of sample 40 students, they are divided into two groups. The first group consists of 20 students (using of audiovisual media) and the second group consists of 20 students (not using of audiovisual media).
Data analysis of this research is tested by using the t-test, to know the difference of the means of the two groups.
The research result shows that on degree significant of using 5% (0.05) there is significant difference between writing achievement of students who are taught by using of audiovisual media, and who are taught without using audiovisual at Elementary Shool. It show by the result t-test is 5.0429 and t-table is 2.021. Show the result of t-test is higher than t-tabel.
The conclution of research is that using of audiovisual media has positif effect on students writing achivement.
PBI081082 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain