Skripsi
Studi Komparatif tentang Efektifitas Penggunaan Reading Method dengan GTM dalam Pembelajaran Writing Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas X ( Suatu Penelitian Eksperimental di SMA DIPONEGORO Babakan - Lebaksiu - Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010 )
Indonesia :
Nur Hidayati/1604501061:Studi Komperatif Tentang Efektifitas Penggunaan Reading Method Dengan GTM Dalam Pembelajaran Writing Bagi Siswa Kelas X (Suatu Penelitian Eksperimental pada siswa kelas X semester II SMA DIPONEGORO Babakan Kec. Lebaksiu Tahun Pelajaran 2009-2010)Skripsi . Program Strata I, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Perbandingan Reading Method dan GTM, Writing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada komparatif atau perbedaan dalam proses belajar dan mengajar writing antara penggunaan Reading Method dan GTM ( Grammar -Translation Method.)
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA DIPONEGORO sebanyak 95 siswa. Dengan menggunakan tehnik acak untuk memilih sampel. Jumlah sampel 60 siswa. Dari jumlah sampel dibagi dua kelompok yaitu 30 siswa yang yang diajar dengan menggunakan reading method dan 30 siswa menggunakan GTM.
Berdasarkan landasan teori, kerangka berfikir dapat dirumuskan hipothesis sebagai berikut : Ada perbedaan yang signifikan dalam proses belajar mengajar writing antara pengajaran yang mengunakan Reading Method dengan yang menggunkan GTM.
Penulis menggunakan tes essay sebagai instrument penelitian, tes tersebut membutuhkan waktu 60 menit.
Hasil penelitian ini berupa nilai rata-rata pada kelompok I yang diajar dengan menggunakan Reading method sebesar 8,2 sedangkan yang diajar dengan menggunakan GTM 9,4. Analisa data untuk penelitian ini dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan menunjukan bahwa pada taraf signifikan 20% dan derajat kebebasan ( dk) 58, dari table distribusi didapat sebesar 1,296 dan diperoleh t-hitung 1,572 (1,572 > 1,296) yang berari lebih besar dari t- table, ini berarti ada perbedaan yang signifikan pada proses belajar mengajar writing antara yang menggunakan Reading Method denagn yang menggunakan GTM.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada proses belajar mengajar writing yang pengajarannya dengan Reading method dengan yang menggunakan GTM Pada siswa kelas X SMA DIPONEGORO Babakan Kec. Lebaksiu Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010.
Inggris :
Nur Hidayati /1604501061. The Comparative Study about the effectiveness of Reading Method and Grammar Translation Method In Writing learning Process .( An Experimental Research to Tenth Year Student in The Second Semester of SMA DIPONEGORO Babakan -Lebaksiu -Tegal in Academic Year 2009-2010).Thesis. Tegal. The program of the strata I, faculty of Teacher Training and education, Pancasakti University Tegal.
Key word : Comparative, Reading Method and GTM, Writing
The aim of this research is to know there is significant difference of students in writing teaching learning process between the student who are taught by using Reading method and Grammar Translation Method ( GTM ).
The population of this research is all the students of the tenth year student of SMA DIPONEGORO 95 students .By using random sampling technique There are 60 Students as sample. They are divided into two groups, each group consist of 30 students. The first group is the group who are taught by using Reading method and 30 students who are taught by using GTM.
Based on the theories and the frame of thinking, the hypothesis of this research is proposed as follows: There is a significant difference the students who are taught by using Reading method and students who are taught by using GTM.
The writer uses the essay test as the instrument of research. It took 60 minutes to do.
The result of data analysis shows the first group has 9,4, and the second group 8,2. Data analysis of the research is done by using t-test. Based on the analysis r- ratio is 1,572 and the degree of freedom ( df) on the table is 58 and the significant level of 20 % is 1,296 it shows t-ratio is higher that t- table ( 1,572 > 1,296). It means that " There is a significant between the students who are taught by using reading method and GTM in the tenth years student in the second semester at SMA DIPONEGORO Babakan -Lebaksiu - Tegal in academic year 2009-2010.
The Conclusion of this research is the comparative study about the effectiveness of Reading Method and Grammar Translation Method has the significant effect in writing on the tenth years class of SMA DIPONEGORO Babakan - Lebaksiu - Tegal semester II in academic year 2009/2010.
PBI081092 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain