Skripsi
Improving Students' Ability in Vocabulary Mastery Trough Card Sort. (A Classroom Action Research at the Fifth Grade Students of SD Negeri Rancawuluh 01 Bulakamba Brebes Regency in Academic Year 2009/2010)
Indonesia :
M SYAEFUL RIZKI U. 2010. Peningkatan Kemampuan Vocabulary Siswa melalui Card Sort (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD N Rancawuluh 01 kec. Bulakamba, Brebes. Tahun Pelajaran 2009/2010). Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Vocabulary melalui Card Sort.
Pendidik hendaknya merencanakan aktifitas pengajarannya untuk mencapai tujuan yang di harapkan. Penggunan media dapat dijadikan alternatif seorang guru dalam pengajaran bahasa yang sesuai dengan keadaan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana upaya peningkatan kemampuan vocabulary siswa melalui media card sort pada siswa kelas V di SD Negeri Rancawuluh 01 Bulakamba kab. Brebes .
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian di rumuskan sebagai berikut:" apakah media card sort dapat meningkatkan vocabulary pada siswa kelas V".
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Rancawuluh 01 kec. Bulakamba kabupaten Brebes. Penulis mengambil 30 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ada 3 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, obserfasi dan refleksi. Indikator ketuntasan siswa yang mendapatkan nilai 65 dikatakan telah tuntas.
Hasil penelitian pada pra siklus rata-rata kelas mencapai 57,2, siklus I rata-rata kelas mencapai 59,7, pada siklus II rata-rata kelas mencapai 65 dan pada siklus III rata-rata kelas mencapai 75,4 membuktikan bahwa penelitian ini benar.
Seorang guru hendaknya bisa menentukan media dalam pembelajaran. Media card sort bisa dijadikan sebuah pilihan yang tepat dalam pengajaran bahasa inggris, karana media card sort bisa membuat siswa merasa tertarik dengan materi yang sedang di ajarkan, card sort dapat memberikan kebiasaan positif siswa dan bisa meningkatkan motifasi siswa dalam belajar bahasa inggris.
Inggris :
M. SYAEFUL RIZKI U. 2010. Improving Students' Ability in Vocabulary Mastery through Card Sort (A Classroom Action Research at the Fifth Grade Students of SD Negeri Rancawuluh 01 Bulakamba Brebes Regency in Academic Year 2009/2010). Faculty of Teacher Training and Education Science Pancasakti University Tegal
Key word: Improving Student's Ability in Vocabulary Mastery through Card Sort.
Teacher should be planning his learning activity to get goal. The used of media can be alternative for the teacher in teaching English which suitable with students condition.
The goal of this research is to know how far improving effort students' ability in vocabulary mastery through card sort at the fifth grade student of SD N Rancawuluh 01 Bulakamba Brebes Regence.
Based on theoretical background and logical framework, research hypothesis can be formulated as follow: "is card sort can improve vocabulary at student fifth grade"
Population and sample in this research is all of students at the fifth grade of SD N Rancawuluh 01 Bulakamba Brebes Regence. The writer takes 30 students.
This research is classroom action research. In this research there are three cycle. Every cycle consists of planning, acting, observing and reflecting. Students' passed indicator the student get score 65.
The result of the pre-cycle the average is 57, 2, cycle I the average is 57, in the cycle II the average is 64, 7 in the cycle III the average is 74, 6 it proof that this research is true.
A teacher should be able to choose the media in learning. Card sort media can be right choice in learning English, therefore card sort media can make students feel interest with the material which has been teaching, it can give students' positive attitude and it can improve the students' motivation in learning English.
PBI081094 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain