Skripsi
Pengaruh Penggunaan Communicative Games Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Suatu Penelitian Experimental pada siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK PGRI Kota Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010).
Indonesia :
Santi/1604501109.Pengaruh Penggunaan Communicative Games dalam Pembelajaran
Bahasa Inggris. (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi
SMK PGRI Kota Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2009-2010)
Kata Kunci : Communicative Games, Prestasi Bahasa Inggris Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif penggunaan
Communicative Games terhadap Prestasi siswa dalam belajar bahasa Inggris
pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI
sebanyak 78 siswa. Jumlah sampel 60. Dari jumlah sampel dibagi dua kelompok yaitu
30 siswa yang diambil sebagai kelas eksperimen yang menggunakan communicative
games dan 30 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan communicative
games.
Berdasarkan landasan teori, kerangka berfikir dapat dirumuskan hipothesis
sebagai berikut : penggunaan communicative games berpengaruh positif terhadap prestasi
siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris.
Analisa data untuk penelitian ini dilakukan dengan uji-t yaitu menguji nilai
rata-rata kedua kelompok tersebut. Data penelitian ini diperoleh dengan mengadakan
tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 ( lima ) options sebanyak 30 item
( butir ). Dari perhitungan menunjukan bahwa pada taraf signifikan 5% dan derajat
kebebasan ( dk) 28, dari table distribusi didapat sebesar 2,048 dan diperoleh t-hitung
2,736 yang berari lebih besar dari t- table, dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima
Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan, penggunaan communicative
games berpengaruh positif terhadap prestasi siswa dalam pengajaan Bahasa Inggris
pada siswa kelas X SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010
Inggris :
Santi/1604501109. The Effect of Using Communicative Games toward the Students'
English Achievement. (An Experimental Research on the Tenth Year Students' in
The Second Semester of SMK PGRI Kota Tegal in Academic Year 2009-2010)
Key word : Communicative Games, Students' English Achievement
The objective of this research is to find out whether the using of communicative
games gives positive effect on the tenth year students' English achievement in
SMK PGRI Kota Tegal in second semester in academic year 2009-2010.
The population of this research is all the students of the tenth year of SMK
PGRI. They are 78 students in number. There are 60 Students as the sample of the research
which is taken by using random sampling technique. They are divided into
two groups, 30 students are taken as an experiment group who are taught by using
communicative games and 30 students as a controlled group who are not taught by
using communicative games
Based on the theories and the frame of thinking, the hypothesis of this research
is proposed as follows: The using of communicative games gives positive effect
on the students' English achievement.
The data of this research is gained from the test. The type of the test is multiple
choice test. The data of this research is analyzed by using t-test to find out the
difference of the means of the two groups. From the data analysis, it shows that on
the significant level of five percent ( 5%) and the degree of freedom 28/ the t- table
is 2,048 and t- ratio is 2,736. it means that t- test is higher than t- table (
2,736>2,048). This means that the hypothesis is accepted.
The conclusion of this research is the using of communicative games gives
positive effect on the tenth year students' English achievement in SMK PGRI Kota
Tegal in second semester in academic year 2009-2010.
PBI0810101 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain