Skripsi
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II Genap MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
Indonesia :
LISTIYOWATI, 2001, Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Percakapan Bahasa Inggris. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan BAHASA Inggris Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing: I Drs. Rofiudin, M.Hum, II H. Sumartono, S.pd.
Kata Kunci : Strategi STAD dengan Media CD Pembelajaran
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar bahasa Inggris, khususnya pada materi percakapan yang kurang maksimal karena penggunaan metode pembelajaran konvensional, yakni metode ceramah/ekspositori. Dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media CD pembelajaran khususnya pada materi conversation, apakah terdapat perbedaan antara kemampuan percakapan bahasa Inggris siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media CD pembelajaran dengan pembelajaran konvensional?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifiats pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media CD pembelajaran yang ditandai dengan adanya perbedaan hasil belajar percakapan bahasa Inggris, antara siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media CD dengan siswa yang diberi perlakukan pembelajaran biasa/konvensional dan diperolehnya hasil belajar percakapan bahasa Inggris siswa kelas eksperimen yang lebih baik dari kelas kontrol.
Populasi penelitian : Siswa kelas VII yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 400 siswa, dengan cluster rendom sampling dipilih satu kelas eksperimen (diberi perlakukan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media CD pembelajaran) dan satu kelas kontrol (diberi pembelajaran biasa/konvensional). Terhadap variabel yang ada data diambil dengan pengamatan dan tes, data diolah dengan statistik uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat perbedaan hasil belajar percakapan bahasa inggris, antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol, serta diperolehnya kemampuan percakapan bahasa Inggris siswa yang lebih baik pada kelas eksperimen dibanding dengan kemampuan percakapan siswa kelas kontrol, dilihat dari penentuan KKM di MTS. Negeri Slawi sebesar 60 maka berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media CD pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar percakapan bahasa Inggris siswa.
Inggris :
Listyowati, 2010, the effect of implementation of cooperative learning with media type CD STAD learning to learning outcomes conversational English. Thesis, faculty of education and teaching English majors, the university of Pancasakti Tegal, advisor: I, Drs. Rofiudin, M.Hum, II, H. Sumartono, S.Pd.
Keyword: Strategy STAD with CD Media Learning.
STAD strategy with the media learning CD of this study was motivated by the achievement of English language learning, epecially on the material the less the maximum conversation because of the use of coooperative learning method STAD type CD media learning materials especially in conversations, whether there is a difference between learning outcomes of students in conversational English learning STAD cooperative with the media type of learning with conventional learning CD?
This study aims to determine the effect of learning with media kooperative STAD type of learning characterized by the existence of differences in learning conversational English, between students who are given treatment type STAD cooperative learning strategies with the media CD with students who were treated konvensional learning and learning outcomes gained conversation English grade students experiment better than the control class.
Study population : VII graeders consisting of 10 classes with 400 students all of the numbers of students, selected by cluster random sampling, one class of experiments (treated with STAD cooperative learning with media types learning CD) and one class of control (treated with konvensional learning) of variables that are taken with the observation data and test data were analyzed with t test statistics results.
Showed that : there is difference in learning converastional English, the students experiment with grade control, and has attained the learning outcomes of students conversational English language better in the experimental classes compared with the results of students learning English conversation class control, judging from the determination Slawi kkm in the country for 60 mts, then based on these results concluded that te STAD cooperative learning with media type CD learning contributes to learning outcomes of students conversational English.
PBI0810103 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain