Skripsi
IMPLEMENTATION OF LEARNING MODEL OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) TO INCREASE ENGLISH STUDENT'S ACHIEVEMENT ON READING SKILL (A Classroom Action Research at VIII F Students of SMPN 2 Petarukan First Semester Academic
Indonesia :
UMAR FAISOL, 1607501844, 2010. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Pencapaian Siswa pada Keterampilan Membaca
Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas VIII F SMP N 2 Petarukan Semester I Tahun Pelajaran 2009 - 2010
Kata kunci : Model Pembelajaran, Pencapaian Siswa, Keterampilan Membaca
Berdasarkan pengamatan penulis pada keterampilan membaca, khususnya pada standar kompetensi memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount, pencapaian siswa kelas VIII F SMP N 2 Petarukan masih rendah.. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan pencapaian siswa pada keterampilan membaca pada standar kompetensi memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount?
Tujuan dari penelitian ini (1) meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dan (2) meningkatkan pencapaian siswa pada standar kompetensi memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk siswa, guru dan sekolah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 2 Petarukan, semester I Tahun Pelajaran 2009 - 2010. Terdiri dari 42 siswa, 22 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Indikator kinerja penelitian ini adalah jika siswa yang aktif minimal 80% dari jumlah siswa dan siswa yang mendapat nilai 6,5 atau lebih minimal 85%.
Hasil observasi penelitian ini menunjukkan peningkatan partisipasi siswa, dari 76,2% pada siklus I menjadi 90.5% pada siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal 64,1 and 62,0 meningkat menjadi 65,2 pada siklus I dan 68,3 pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : penerapan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan membaca pada standard kompetensi memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount. Disarankan kepada para guru untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ini pada proses kegiatan belajar mengajar, khususnya pada standar kompetensi memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount
Inggris :
UMAR FAISOL, 1607501844, 2010. Implementation of Learning Model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to Increase Student's Achievement on Reading Skills. A Classroom Action Research at VIII F Students of SMP N 2 Petarukan First Semester Academic Year 2009 - 2010
Key Word : Learning Model, Student's Achievement and Reading Skills.
Based on writer's observation on reading skills, especially on the standard competence of understanding simple short descriptive and recount essays, student's achievement of VIII F students of SMP N 2 Petarukan is still poor. The problem in this research is "Can Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) increase the student's achievement in reading on the standard competence of understanding simple short descriptive and recount essays?
The aims of the research is (1) to increase student's participation in teaching learning process and (2) to increase achievement on the standard competence of understanding simple short descriptive and recount essays. Furthermore, this research is intended to be useful for students, teachers, and school. The subject of research is students of VIII F SMP N 2 Petarukan, first semester in academic year 2009 - 2010. There are 42 students, 22 boys and 20 girls. This classroom action research is hold in two cycles. Every cycle consists of four steps, namely planning, action, observation and reflection. The technique of data collecting is by test and observation. The working indicator in this research is if students who are active at least 80% of total students, and they get scores 6,5 or more is minimally 85%.
Observation result of the research shows the increase of students' participation, from 76,2% in cycle I to 90.5% in cycle II. Score average 64,1 and 62,0 in initial condition increases to 65,2 in cycle I and 68,3 in cycle II.
The conclusion after carrying out this research is implementation of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) able to improve students participation and learning outcomes in reading on the competence standard of memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount. It is suggested for the teachers to use a learning model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) on the teaching and learning process on the competence standard of memahami teks tulis esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount.
PBI0810104 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain