Skripsi
Efektifitas Penggunaan Film Kartun (Tweety and Sylvester) dalam Pengajaran Bahasa Inggris (Sebuah Eksperimen di SD Negeri Bulakpacing 03)
Indonesia :
HAR PURWANTI. 2010. Efektifitas Penggunaan Film Kartun (Tweety and Sylvester) dalam Pengajaran Bahasa Inggris (Sebuah Eksperimen di SD Negeri Bulakpacing 03. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kartun, Film, Bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas penggunaan film kartun (Tweety and Sylvester) dalam pengajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Bulakpacing 03 kelas VI. Hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
"Siswa yang diajar menggunakan film kartun berbahasa Inggris memperoleh prestasi bahasa Inggris yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan film kartun"
Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Analisa data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk menguji ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5 % terdapat efektifitas penggunaan film kartun (Tweety and Sylvester) dalam pengajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI di SD Negeri Bulakpacing tahun pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 2,16. Siswa kelas VI semester 2 SD Negeri Bulakpacing Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang diajar menggunakan film kartun berbahasa Inggris memperoleh prestasi bahasa Inggris yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan film kartun.
Inggris :
HAR PURWANTI. 2010. The Effectiveness of Using Cartoon Film (Tweety and Sylvester) in Teaching English for The Sixth Grade Students of Bulakpacing 03 Elementry School in the Academic Year of 2009/2010. Thesis. Department of Education English. FKIP. University Pancasakti Tegal.
Key Words: Cartoon, Film, English.
The objective of this research is to determine whether there is or there is no the effectiveness of using cartoons film (tweety and sylvester) in teaching English for the sixth grade students of Bulakpacing 03 elementry school in the academic year of 2009/2010.
The hypothesis of this research is proposed as follows : "The Students who are taught by using English cartoons film obtain achievement of English language better than students who are taught without using the cartoons film"
This research is a population research, because all of the population are taken as the samples of the research. Method of data collection is by using the test method. The data analysis of this research is tested by using t-test, to test differences of academic achievement between the control group and experimental group.
The result of the analysis shows that on degree of significance of five percent there is the effectiveness of using cartoon film (Tweety and Sylvester) in teaching English for the sixth students of Bulakpacing 03 elementry school in the academic year of 2009/2010, which is indicated t-test results obtained by value t = 2.16. It can be concluded that the sixth students of Bulakpacing 03 elementry school in the academic year of 2009/2010 are taught by using English cartoons film obtain achievement of English language better than students who are taught without using the cartoons film.
PBI0810106 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain