Skripsi
ANALISIS KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN RELATIVE PRONOUNS (WHO, WHOM, WHOSE dan WHICH) PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2009/2010.
Indonesia :
MOH. AFIP. 2010. Skripsi. " Analisis Kesalahan Dalam Penggunaan Adjective Clauses ( Who, Whom, Whose dan Which ) Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)".
Kata Kunci : Kesalahan Penggunaan Adjective Clauses, Siswa Kelas Sebelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan Siswa kelas XI SMK Negeri 1 Slawi dalam penempatan Adjective Clauses ( Who, Whom, Whose dan Which ) dalam sebuah kalimat.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Jumlah populasi adalah 198 Siswa dan sampel yang diambil adalah 20 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Sampling.
Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes yang diberikan adalah pilihan ganda yang mana dalam soal tersebut siswa hanya menempatkan pilihan 4 Adjective Clauses yang tersedia yaitu Who, Whom, Whose dan Which sehingga menjadi kalimat yang benar. Tes tersebut berjumlah 30 soal diselesaikan dalam waktu 45 menit.
Dari hasil analisa data disimpulkan bahwa siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Slawi pada umumnya masih banyak membuat kesalahan dalam penempatan Adjective Clauses ( Who, Whom, Whose dan Which ). Hasil dari analisis menunjukkan prosentase kesalahan siswa dalam penempatan Who sebanyak 13,16 %, Penempatan Whom 16,33%, penempatan Whose 15,50%, dan penempatan Which 12,16%. Dari hasil itu dapat disimpulkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah dalam penempatan Adjective Clauses Whom.
Berdasarkan kenyataan, penulis menyarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk memberikan penjelasan secara detail dalam penempatan adjective clause "who, whom, whose dan which" kepada siswa dan memberikan kesempatan yang sesering mungin kepada siswa dalam mengerjakan soal adjective clause.
Inggris :
MOH. AFIP. 2010. Thesis. "An error analysis in using Adjective Clauses ( Who, Whom, Whose and Which ) to eleventh grade of SMK Negeri 1 Slawi Academic year 2009/2010
Keyword : The mistakes in using Adjective Clauses, Students of Eleventh Grade.
The aim of the research is to know the kind of mistakes encountered by the eleventh grade students of SMK Negeri Slawi in using adjective clause in a sentence.
The population in this reserch is the eleventh grade students of SMK Negeri 1 Slawi in academic year 2009/2010. The number of population is 198 students and the sample is 20 students. The sample of this reserch is taken by using cluster sampling technique.
The writer used a test as the instrument of the reserch. The type of test is multiple choice, in this test the student only four choices adjective clauses they are who, whom, whose and which until mede a good sentence. The test consists of 30 items and took 45 minutes to do.
Based on the result of data analysis the resercher can conclude that the eleventh grade students of SMK Negeri 1 Slawi generally still have a lot of mistakes in using adjective clauses. The result of data analysis shows that the mistakes of students in using adjective clause "who" are 13,16%, the mistakes of using adjective clause "whom" are 16,33%, the mistakes of using adjective clause "whose" are 15,50% and the mistakes of using adjective clause "which" are 12,16%. It could be concluded that the dominant mistakes made by the eleventh grade of SMK Negeri 1 Slawi are in using adjective clause "Whom".
Based on the fact, the writer suggests that the teacher should spend a considerable amount of time in explaining the usage of "who, whom, whose and which" for the student in defining adjective clauses and should give a lot of opportunity to the students to practice these adjective clause as often as possible in various ways.
PBI0810110 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain