Skripsi
Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Noorkodi. 2010. Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan kewarganegaraan (PKn) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Perhatian orang tua, prestasi belajar.
Permasalahan utama yang dimunculkan sekaligus tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu terkait dengan tingkat keeratan hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 sejumlah 286 siswa, dan sebagai sampelnya diambil sejumlah 57 siswa atau 20% dari keseluruhan jumlah anggota populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner / angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment (PPM).
Hasil penelititan menunjukkan perolehan nilai korelasi rxy sebesar 0,691 dimana setelah dikonsulkan dengan rtabel Product Moment pada taraf signifikan 1% dimana diperoleh ¬rxy = 0,691 > rtabel ts 1% = 0,339 yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Taman Kabupaten Pemalang tahun Pelajaran 2009/ 2010. Hubungan tersebut dapat dikategorikan kuat dengan nilai determinan variable perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PKn sebesar 47,75%.
Dengan adanya temuan mengenai adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar PKn, maka diharapkan orang tua siswa memberikan perhatiannya secara lebih intensif lagi kepada anak-anaknya dalam belajar baik materi maupun non materi yang meliputi kegiatan penyediaan fasilita belajar, mengawasi penggunaan waktu belajar anak dirumah, mengenal kesulitan-kesulitan anak dalam belajar, serta menolong anak mengatasi kesulitannya dalam belajar.
Diharapkan kepada guru untuk selalu menghimbau kepada orang tua siswa agar memperhatikan secara lebih intensif prestasi belajar PKn anak-anaknya serta senantiasa memotivasi belajar anak. Selain itu bagi siswa, khususnya sisa yang berpersepsi kurang mendapatkan perhatian orang tua diharapkan tidak patah semangat. Masih banyak factor yang dapat dijadikan sebagai motivator dalam belajar dan meraih sukses dimasa yang akan datang.
Inggris :
Noorkodi. 2010. Relationship between Parents' Attentions to Academic Achievement of Civic Education in Students Class VII Year Students of State Junior High School at 1 Taman Pemalang in Academic Year 2009/2010. The thesis of Civic Education Program, Teacher Faculty and Education Pancasakti University of Tegal.
Key Words: Parents' attentions, Academic Achievement.
The part of problem in this thesis also have aims would be attained in this research that were about relationship between parents' attention with academic achievement in civic education (PKn) in VII class students of State Junior High School 1 Taman Pemalang in Academic Year 2009/2010.
The population in this research were VII class students of State Junior High School at 1 Taman Pemalang in Academic year 2009/2010 total number 286 students and for the sample took 57 students or 20% from all populations and took sample used Proportional Random Sampling. The method of collected data used questioners and documentation. For analysis method used technique of correlation Pearson Moment (PPM).
The result of research showed correlation from correlation score that were rxy 0,691 > rtabel ts 1%= 0,339 which means there is a significant relationship between parents' attention with academic achievement in civic education (PKn) in VII class students of State Junior High School 1 Taman Pemalang in Academic Year 2009/2010. This relations could be interpreted in strong with score 47,75%.
According to this research that relationship between parents' attention with academic achievement in civic education (PKn) were significant so students' parents given their attention more intensive to their child in learning in learning facilities.
The teachers hoped were appealed for students' parents to given attention and motivation more intensive for their child. In other hand for students, for students in less attention from their parents always were optimists. There were some factors to motivator in learning and success in future.
PPKN081016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain