Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Indonesia :
Sumiyarti, Titik. 2010. Hubungan antara Kreativitas dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Skripsi Program Studi PPKn, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Kreativitas, Prestasi belajar PKn.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah "Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010?". Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui kreativitas, prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta ada tidaknya hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 sejumlah 319 siswa, dimana sampel yang digunakan adalah 64 siswa yang diambil melalui pengundian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM).
Peneliti menyimpulkan perolehan skor hasil jawaban siswa yang diperoleh dari kuesioner sebesar 3.935 menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa adalah tinggi dengan prosentase sebesar 68,32% dari skor maksimal yang ditargetkan, dimana terdapat 9 siswa (14,06%) yang memiliki kreativitas belajar dalam kategori sangat tinggi, 20 siswa (31,25%) dalam kategori tinggi, 31 siswa (48,44%) dalam kategori cukup, dan sisanya 4 siswa (6,25%) dalam kategori rendah.
Dari 64 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, yang memiliki prestasi belajar Pendidikan kewarganegaraan (PKn) dalam kategori istimewa adalah sejumlah 11 siswa atau 17,19%, sejumlah 27 siswa atau 42,19% dalam kategori baik sekali, dan sisanya sejumlah 26 siswa atau 40,62% dalam kategori baik. Adapun nilai rata-rata diperoleh sebesar 80,28 dengan modus data yaitu nilai 100.
Dari hasil analisis data diperoleh koefisien antara kreativitas dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebesar 0,613 (bertanda +). Pada taraf signifikan 1% terdapat hubungan yang kuat positif dan signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar Pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada siswa SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Disarankan hendaknya guru didalam memberikan pembelajaran PKn pada siswa selalu mengupayakan peningkatan kreativitas belajar siswa. Upaya tersebut antara lain seperti penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariasi. Uapayakan sesering mungkin penggunaan metode diskusi dan penugasan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa. Lakukan koordinasi dengan guru bimbingan konseling dan orang tua siswa (bila memungkinkan) apabila terlihat adanya indikasi rendahnya kreativitas belajar siswa yang dapat berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa disekolah.
Inggris :
PPKN081020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain