ttabel. Sehingga Ho ditolak dan berarti Ha diterima. Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal setelah melakukan penelitian dengan membandingkan metode pemberian tugas dan metode role playing. Inggris : FELA MAULINDA, 2010. Comparison between qiving an assignment method with role playing method on IPS Subject for class eighth at SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Periode 2009/2010. Script : Institusion educatioan and educatioan science Pancasakti University. Password : Assignment method and role playing method. This applied research to know the problem about "is there comparison between emploving giving an assignment method to role playing methode to get result in IPS subject for class eighth at SMP Muhammadiyah Kramat kabupaten Tegal periode 2009/2010. And to make understand how different methode between giving as assignment method and Role Playing method for class eight at SMP Muhammadiyah Kramat kabupaten Tegal periode 2009/2010. In this research taking place at SMP Muhammadiyah Kramat kabupaten tegal periode 2009.2010 as subject research are all student class eighth a 60 students, because in the pupolation researen < 100 pointed as example. In research the student devided two part or class. Both are class eighth A total 30 studends as experiant class and class eighth B total 30 studends as control class. Saed study result from 30 students class eighth A as experiment club average result get 74,34 if use giving an assighment methode. Amount value student use this methode 2233 and amount average value using giving an assignment 736.4, while from 30 students class eighth B as control club average study value affer studying use role playing method 2120. And amount average value class using role playing model 606.67, from this counting result so can known amount value t : 3,040. Value t consulated ttabel : 2.002 the t result >t table. So Ho repected and ha accepted . From this process the writer form aknot. There is in creasing quality value in IPS subject for class eight SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal. After using giving an assignment method and role playing method." />
Skripsi
PERBANDINGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH KRAMAT KABUPATEN TEGALTAHUN PELAJARAN 2009/2010
Indonesia :
FELA MAULINDA, 2010. Perbandingan Metode Pemberian Tugas dengan Metode Role Playing dalam Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas dan Metode Role Playing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalah tentang "Apakah ada perbedaan antara penggunaan Metode Pemberian Tugas dengan Metode Role Playing pada hasil belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". dan Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS dengan Metode Pemberian Tugas dan Metode Role playing pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil tempat penelitian di SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 60 siswa, karena dalam penelitian populasi kurang dari 100 maka sekaligus dijadikan sebagai sampel. Dalam penelitian ini peneliti siswa terbagi dalam dua kelas yaitu Kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas Ekperimen. Dan Kelas VIII B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil belajar, dari 30 siswa kelas VIII A yang menjadi kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas mencapai 74,34, jumlah nilai siswa yang menggunakan model pembelajaran Pemberian tugas 2233, dan jumlah rata-rata nilai kelas yang menggunakan metode pemberian tugas 731,4. Sedangkan dari 30 siswa kelas VIII B yang menjadi kelompok kontrol rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode role playing mencapai 70,67, jumlah nilai siswa yang menggunakan model pembelajaran role playing 2120, dan jumlah rata-rata nilai kelas yang menggunakan metode role playing 606,67. Dan dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat diketahui angka perolehan angka nilai thitung = 3,040. nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel = 2,002, ternyata hasilnya thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan berarti Ha diterima.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal setelah melakukan penelitian dengan membandingkan metode pemberian tugas dan metode role playing.
Inggris :
FELA MAULINDA, 2010. Comparison between qiving an assignment method with role playing method on IPS Subject for class eighth at SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Periode 2009/2010. Script : Institusion educatioan and educatioan science Pancasakti University.
Password : Assignment method and role playing method.
This applied research to know the problem about "is there comparison between emploving giving an assignment method to role playing methode to get result in IPS subject for class eighth at SMP Muhammadiyah Kramat kabupaten Tegal periode 2009/2010. And to make understand how different methode between giving as assignment method and Role Playing method for class eight at SMP Muhammadiyah Kramat kabupaten Tegal periode 2009/2010.
In this research taking place at SMP Muhammadiyah Kramat kabupaten tegal periode 2009.2010 as subject research are all student class eighth a 60 students, because in the pupolation researen < 100 pointed as example. In research the student devided two part or class. Both are class eighth A total 30 studends as experiant class and class eighth B total 30 studends as control class.
Saed study result from 30 students class eighth A as experiment club average result get 74,34 if use giving an assighment methode. Amount value student use this methode 2233 and amount average value using giving an assignment 736.4, while from 30 students class eighth B as control club average study value affer studying use role playing method 2120. And amount average value class using role playing model 606.67, from this counting result so can known amount value t : 3,040. Value t consulated ttabel : 2.002 the t result >t table. So Ho repected and ha accepted .
From this process the writer form aknot. There is in creasing quality value in IPS subject for class eight SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal. After using giving an assignment method and role playing method.
PE081046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain