Skripsi
Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif pada Siswa Kelas XI SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tegal Tahun Ajaran 2009/2010
Indonesia :
Haris Yuftika Hani. 2010. Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif pada Siswa Kelas XI SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tegal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi : Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UPS. Pembimbing I. DR. Maufur, M.Pd. Pembimbing II. Suriswo, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Positif
Konsep diri penting bagi individu karena individu dapat memandang diri dan dunianya, mempengaruhi tidak hanya individu berperilaku, tetapi juga tingkat kepuasan yang diperoleh dalam hidupnya. Setiap individu pasti memiliki sebuah konsep diri, tetapi mereka tidak tahu apakah konsep diri yang dimiliki itu negatif atau positif. Siswa yang memiliki konsep diri positif ia akan memiliki dorongan mandiri lebih baik, ia dapat mengenal serta memahami dirinya sendiri sehingga dapat berperilaku efektif dalam berbagai situasi. Namun kenyataan yang terjadi di SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tegal ada sebagian siswa kelas XI yang memiliki konsep diri yang rendah, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya atau mengembangkan konsep diri yang positif salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok. Ada pun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan konsep diri pada siswa kelas XI SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tahun Pelajaran 2009/2010 sebelum dan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok secara efektif ?.
Ada pun tujuannya adalah untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui layanan bimbingan kelompok secara efektif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas XI SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tegal yang memiliki konsep diri yang rendah dengan menggunakan purposive sampling. Ada pun variabel yang diteliti adalah konsep diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah skala konsep diri yang tahap awal diuji tingkat validitas dan reliabilitas. Ada pun dari hasil uji validitas N=30, r tabel 0,361 maka instrumen yang digunakan valid karena r hitung > r tabel. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha dapat diketahui bahwa r hitung = 0,889 > 0,361 maka dapat dikatakan instrumen ini reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMA Al Irsyad Al Islamiyah Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian bahwa konsep diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Hasil uji Wilcoxon diperoleh Zhitung = -15,860 kurang dari Ztabel = (-0,48) atau berada pada daerah penolakan Ho. Hal ini menunjukkan ada peningkatan yang signifikan konsep diri setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif sebagai upaya dalam mengembangkan konsep diri positif siswa. Hendaknya para guru pembimbing dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk konsep diri positif siswa dan memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok sebagai tempat untuk mengembangkan konsep diri positif.
Inggris :
Haris Yuftika Hani, 2010. The effectivity to upholding leading group service in developing positive self-concept to pupils of XI senior high school of AL-irsyad of Islamic school in 2009/2010 year. The thesis for educating and consulling studies. Faculty of teaching and education science, UPS. Under guidance of advisor I DR. Maufur, M pd. and advisor II Suriswo, M pd.
Key word: Leading group, positive self-concept.
Self concept is important for individual since it is able to look himself and his world. Influence is not only for individual behavior, but for his survival satisfaction. Each individual might have a self concept, however, but some of whom often understand whether self concept belonged someone is negative or positive. The pupils who have a concept for him self will have an encouragement to be better. He has a capability to figure out as well as understand him self until he will do properly and maturely in certain situation. The reality, nevertheless, of which happens in SMA of al-irsyad Tegal still exist for few students of Class XI having been low profile concept. Hence, it needs to replace and to change to develop self concept by enrolling leading group service. And case of the researching is to manage how is self concept upgrading pupils of XI SMA Al-Irsyad in 2009/2010 before and after enrolling leading group effectively ?
And the aim of the research is to upgrade self consept for pupils of XI SMA al irsyad Tegal in 2009/2010 through leading group service properly. Subject of the research has 10 students of class XI who belongs low profile concept by using purposive sampling. The variable of which is explored self concept. Method of the research is psychological scale and collector of data to use is self concept scale for which first step is explored to know about validity and reliability. The result of validity has N=30, r rabel = 0,361 so the instrument to use is valid as r count ) r rabel. Meanwhile reliability with alpha formula could be known that r count = 0,889 ) 0,361 then it can be said that the instrument is reliable. The way of analysis to use is the method of non paramethic by using a Wilcoxon exploration.
For this research of SMA Al-Irsyad, we can take a conclusion that based on exploration of self concept could be upgraded through leading group service. Exploration result of wilcoxon is attained by z count = -15, 860 less than z table 1 = (-0, 48) or in denied region Ho. It is to show that there is a significant upgrading self concept after enrolling leading group service.
Based on exploratioin result, we can deduce that leading group service is still effective as the way to develop positive self concept of those pupils. Guidance teacher should be recommended to more practicable in many programming of leading group service to create a positive self concept and to motivate pupils to take profits of having enrolled leading group service as a way to upgrade positive self concept.
BK081099 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain