r xy ts 5%, so correlation coefficient rxy = 0,4516 significant in standard signifikansi 5%, So that ho a versed and alternative hypothesis (Ha) that sounds "ada positive influence and significant between interest and source utilization learns towards accomplishment learn class student Accountancy XI IN SMK PGRI 2 Taman Pemalang school year 2008/2009" accepted. Based on watchfulness result can be taken conclusion that there is influence significant between interest and source utilization learns towards accomplishment learn student. influence proved from correlation statistics calculation result product moment with correlation coefficient rxy = 0,4516. coefficient signifikansi in standard signifikansi 5% to N = 60, that is as big as 0,254." />
Skripsi
PENGARUH MINAT DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Indonesia :
Sudikno, 2009, Pengaruh Minat dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang tahun 2008/2009. Skripsi Pendidikan Ekonomi,Dra. Hj Faridah M.Si, Dewi Amalia N, S.Pd. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Panca Sakti Tegal.
Kata Kunci : Belajar, Prestasi dan Manfaat
Prestasi belajar Akuntansi kelas XI SMK PGRI 2 Taman kabupaten Pemalang dari tahun ke tahun belum sesuai dengan yang diharapkan, bahkan ada kecenderungan semakin turun, hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mencapai penguasaan meteri belajar (mastery learning) baik secara individual maupun secara kelompok yaitu 75%. Tinggi rendahnya perolehan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor internal, faktor yang berasal dari dalam siswa, yang terdiri dari : Aspek fisiologis,aspek psikologis, tingkat kecerdasan / intelegensia siswa, sikap siswa, bakat siswa, minat siswa dan motivasi siswa. Faktor eksternal, yaitu : Faktor lingkungan sosial, yang terdiri atas: Lingkungan sosial sekolah, masyarakat dan tetangga juga teman sepermainan, lingkungan keluarga siswa sendiri. Faktor lingkungan non sosial: Gedung sekolah, alat-alat belajar, keadaan cuaca dan waktu belajar. Faktor pendekatan belajar, yaitu segala cara atau strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 142 siswa. Sampel yang diambil 60 siswa secara proposional random sampling. Dalam penelitian ini ada tiga variabel pokok yaitu variabel minat, variabel pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar Akuntansi. Variabel minat dan pemanfaatan sumber belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar Akuntansi sebagai variabel terikat.. Data diperoleh menggunakan metode angket dan metode dokumentasi selanjutnya dianalisis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana.
Dari hasil analisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment diketemukan bahwa korelasi ry1 diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,4516. Jika koefisien tersebut dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% untuk N=60, yaitu sebesar 0,254, ternyata rxy = 0,4516 > r xy ts 5%.maka koefisien korelasi rxy = 0,4516 adalah siginifikan pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi "ada pengaruh positif dan signifikan antara minat dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI pada SMK PGRI 2 Pemalang tahun pelajaran 2008/2009"diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara minat dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengaruh tersebut terbukti dari hasil perhitungan statistik korelasi product moment dengan koefisien korelasi rxy= 0,4516. Koefisien tersebut signifikansi pada taraf signifikansi 5% untuk N=60, yaitu sebesar 0,254
Inggris :
Sudikno, 2009, Interest Influence and Source Utilization Learns towards Accomplishment learn class student Accountancy XI SMK PGRI 2 Taman Regency Pemalang year 2008/2009. Skripsi Economy Education. Dra. Hj. Faridah M.Si, Dra Dewi Amalia N., Teacher and Learning Ship Education Faculty Pancasakti University Tegal.
Keyword : Learn, Accomplishment and Benefit
Accomplishment learns class accountancy XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang from year to year not yet supposed, and go down, this matter shows that student achieve matter mastery learns either through individual also according to group that is 75%. Accomplishment result the low tall learns student is influenced by. internal factor, consist of: physiological aspect, intelligence level / intelligentsia student, student attitude, student talent, student interest and student motivation. External factor, that is: social environment factor, and also playmate, student family environment self. Environment factor nonsocial: schoolhouse, tools learns, weather condition and studying time. Factor approaches to learn, that is all manner or strategy that used to break problem learns.
The Population of research class students XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang school year 2008/2009 that numbers 142 students. Sample that taken 60 students according to proporsional random sampling. In this watchfulness is there three main variables that is interest variable, source utilization variable learns and accomplishment learns accountancy. Interest variable and source utilization learns as free variable and accomplishment learns Accountancy as bound variable. Data is got to use inquiry method and documentation method furthermore analyzed to use correlation product moment
and simple linear regression analysis.
From analysis result by using correlation technique product moment found that correlation ry1 got correlation coefficient rxy = 0,4516. If coefficient consultation with r table in standard signifikansi 5% to N = 60, that is as big as 0,254, obvious rxy = 0,4516 > r xy ts 5%, so correlation coefficient rxy = 0,4516 significant in standard signifikansi 5%, So that ho a versed and alternative hypothesis (Ha) that sounds "ada positive influence and significant between interest and source utilization learns towards accomplishment learn class student Accountancy XI IN SMK PGRI 2 Taman Pemalang school year 2008/2009" accepted.
Based on watchfulness result can be taken conclusion that there is influence significant between interest and source utilization learns towards accomplishment learn student. influence proved from correlation statistics calculation result product moment with correlation coefficient rxy = 0,4516. coefficient signifikansi in standard signifikansi 5% to N = 60, that is as big as 0,254.
HKM081060 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain