Skripsi
Studi Komparasi Hasil Belajar IPS Ekonomi Berdasarkan Bentuk Soal yang Berbeda pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Bingar Estiningtyas, 2010, Skripsi. Studi Komparasi Hasil Belajar IPS Ekonomi Berdasarkan Bentuk Soal yang Berbeda pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS Ekonomi, Bentuk Soal yang Berbeda
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Comal Pemalang berdasarkan bentuk soal yang berbeda?"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa, berdasarkan bentuk soal IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 di SMP Negeri 4 Comal.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Comal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 220 siswa yang terbagi dalam 5 kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E. Sampel diambil 60 siswa yang dipilih dengan undian. Selanjutnya, jumlah sampel ini dibagi menjadi dua kelompok sampel yaitu kelompok A dan kelompok B, dengan 30 siswa tiap kelompoknya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Comal yang diberikan tes obyektif dengan nilai rata-rata 75,13 termasuk dalam kategori baik; 2) Hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Comal yang diberikan tes essay dengan nilai rata-rata 68,02 termasuk dalam kategori baik; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonomi atas dasar bentuk tes yang berbeda, yaitu tes essai dengan tes obyektif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Comal tahun pelajaran 2009/2010. Hasil belajar IPS Ekonomi siswa yang diberikan tes obyektif lebih tinggi dibanding dengan yang diberikan tes essay yaitu dari rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan tes obyektif sebesar 75,13 sedangkan hasil belajar yang diberikan tes essay sebesar 68,02 yang berarti ada perbedaan hasil belajar sebesar 7,10.
Hasil penelitian ini menyarankan 1) Sebaiknya dalam evaluasi pembelajaran, digunakan bentuk penilaian yang beragam dengan prosentase dan komposisi yang berimbang; 2) Sebaiknya siswa sering diberi tugas yang berupa tugas mengerjakan soal-soal dan bentuk soal yang ditugaskan tersebut hendaknya dalam bentuk yang bervariasi maupun dalam bentuk yang berbeda secara bergantian; 3) Hasil tes siswa yang diukur dengan menggunakan bentuk soal-soal essay belum memenuhi standar minimal ketuntasan belajar. Hal ini disebabkan kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam menjawabnya. Oleh karena itu, siswa perlu sering diberikan latihan-latihan mengerjakan soal dengan bentuk essay. Dengan demikian, jika siswa diberi tes dengan berbagai macam bentuk, anak tetap akan memperoleh tuntas belajar.
Inggris :
Bingar Estiningtyas, 2010, Thesis. Study Comparation Result of Learning Economic IPS Pursuant to different Problem Form of The Eight Year Students SMP Negeri 4 Comal in The Academic Year 2009/2010. Economic Education, FKIP Pancasakti University of Tegal.
Password : The Result Learn, Economic IPS, Form the different Problem.
Problem of this research is "What there are difference result of learning Economic IPS of the eight year students SMP Negeri 4 Comal in the academic year 2009/2010 pursuant to different problem form?"
This research aim to know there are difference result of learning Economic IPS of the eight year students SMP Negeri 4 Comal in the academic year 2009/2010 pursuant to different problem form.
This Research population are all students of the eight year students SMP Negeri 4 Comal in the academic year 2009/2010 amounting to 220 divisible student in 5 class, that is class of VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, and VIII E. Sampel taken by 60 students selected with the toss. Hereinafter, sum up this sampel is divided to become two group sampel that is group of A and group B, by 30 are students.
Result of research indicate that the 1) Result learn the Economic IPS of the eight year students SMP Negeri 4 Comal in the academic year 2009/2010 given by objective tes with the average value 75,13 included in good category 2) Result learn the Economic IPS of the eight year students SMP Negeri 4 Comal in the academic year 2009/2010 given by tes essay with the average value 68,02 included in good category 3) There are difference result of learning student in Economic subject IPS on the basis of different form tes, that is tes essai by tes is objective of the eight year students SMP Negeri 4 Comal in the academic year 2009/2010. Result learn the Economic IPS of student given higher objective tes compared to with given by tes essay that is from mean result of learning student given by objective tes equal to 75,13 while result learn given by tes essay
Result of this research suggest 1) Better in study evaluation, used by a immeasurable assessment form by prosentase and proportional composition 2) Student better often given by the duty which is in the form of duty do the problem and form the problem assigned the shall in the form of which vary and also in the form of different step by step 3) result of Tes student measured by using form of problem essay not yet fulfilled the complete minimum standard learn. This matter is caused most student find difficulties in replying its. Therefore, student need often given a practice do the problem with the form essay. Thereby, if student given the tes by assorted form the, child will remain get complete learn.
PE081047 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain