Z tabel yaitu 5,25 > 2,000. Dengan demikian hipotesa yang penulis ajukan terbukti. Adapun besarnya pengaruh variable X terhadap Variabel Y (Pengaruh tingkat pendidikan aparat desa terhadap kemampuan administrasi pemerintahan desa di kecamatan kramat) diperoleh hasil sebesar 46,6 %, sedangkan faktor lain di luar pengaruh lingkungan kerja sebesar 53,4%. Meskipun ada hubungan positif antara kedua variable masih diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap variable-variabel di luar pengaruh Tingkat pendidikan aparat desa. Sebagai Penutup skripsi penulis memberikan kesimpulan dan saran yaitu untuk memaksimalkan kemampuan administrasi pemerintahan desa diperlukan pendidikan yang memadai dan pengawasan oleh semua pihak untuk meningkatkan kemampuan administrasi aparat pemerintahan desa. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Kemampuan Administrasi" />
Skripsi
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN APARAT DESA TERHADAP KEMAMPUAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA DI KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL
Nama : Akhlish Imam Suseno, NPM : 2106501093, Judul : Pengaruh Tingkat Pendidikan Aparat Desa Terhadap Kemampuan Administrasi Pemerintahan Desa di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan aparat pemerintah desa terhadap kemampuan administrasi desa. Tujuan Penelitiannya yaitu ingin mengetahui sejauh mana tingkat pendidikan yang dimiliki oleh aparat pemerintahan desa, ingin mengetahui kemapuan administrasi pemerintahan desa dan ingin mengetahui bagaimana pengaruh tingkat pendidikan terhadap kemampuan administrasi pemerintahan desa di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dengan tehnik metode Angket (Questionare), Kepustakaan, Dokumentasi dan Observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Aparat Desa dan warga masyarakat di wilayah Kecamatan Kramat . Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik stratified sampling yaitu pengambilan sampel dengan penggolongan desa. Jumlah responden sebanyak 60 dari 3 desa.
Hipotesa kerja (Ha) dikemukakan "Ada pengaruh positif Antara Tingkat pendidikan aparat Desa terhadap kemampuan administrasi pemerintah desa."Untuk membuktikan benar tidaknya hipotesa tersebut digunakan rumus korelasi product moment dan uji signifikan 5 % dengan rumus Z test 1,96 (Z tabel) dimana di dalamnya ada dua variable, variable X (Tingkat Pendidikan Aparat Desa) yang terdiri dari 2 sub variable dan variable Y (Kemampuan Administrasi Pemerintahan Desa) yang juga terdiri dari 3 sub variable. Dari hasil perhitungan membuktikan adanya hubungan positif antara pengaruh Tingkat pendidikan aparat desa terhadap kemampuan administrasi pemerintahan desa. Perhitungan statistic dihasilkan Z tes > Z tabel yaitu 5,25 > 2,000. Dengan demikian hipotesa yang penulis ajukan terbukti.
Adapun besarnya pengaruh variable X terhadap Variabel Y (Pengaruh tingkat pendidikan aparat desa terhadap kemampuan administrasi pemerintahan desa di kecamatan kramat) diperoleh hasil sebesar 46,6 %, sedangkan faktor lain di luar pengaruh lingkungan kerja sebesar 53,4%. Meskipun ada hubungan positif antara kedua variable masih diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap variable-variabel di luar pengaruh Tingkat pendidikan aparat desa.
Sebagai Penutup skripsi penulis memberikan kesimpulan dan saran yaitu untuk memaksimalkan kemampuan administrasi pemerintahan desa diperlukan pendidikan yang memadai dan pengawasan oleh semua pihak untuk meningkatkan kemampuan administrasi aparat pemerintahan desa.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Kemampuan Administrasi
FISIP0810003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain