Skripsi
Pengubahan tingkah laku suka berkelahi dengan teknik analisis pengubahan tingkah laku (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Kedungbanjar Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang tahun 2009 / 2010).
SUTARJO, 2010; NPM : 1108501061 : Judul Skripsi "Pengubahan Tingkah Laku Suka Berkelahi Dengan Teknik Analisis Pengubahan Tingkah Laku (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Kedungbanjar Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang tahun 2009 / 2010)."
Kata Kunci : Pengubahan Tingkah Laku Suka Berkelahi Dengan Teknik Analisis Pengubahan Tingkah Laku Pada Siswa Kelas V.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengubahan tingkah laku dengan menggunakan Analisis Pengubahan Tingkah Laku untuk membantu siswa yang suka berkelahi.
Penelitian ini menggunakan Analisis Pengubahan Tingkah Laku. Subjek penelitian adalah 2 orang siswa yagn suka berkelahi. Sedang cara khusus adalah untuk mengetahui : 1) Karakteristik perilaku suka berkelahi, 2) Faktor-faktor penyebab suka berkelelahi, 3) Hasil penerapan teknik-tekni cara mengatasi perilaku suka berkelahi yaitu Analisis Pengubahan Tingkah Laku.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (Classroom Action Research). Subjek penelitian diperoleh melalui studi dokumen terhadap dokumen-dokumen resmi sekolah, wawancara dengan nara sumber, dan observasi terhadap siswa-siswa di dalam maupun di luar sekolah, orang tua, tetangga.
Variabel yang ditelti meliputi variavel input yaitu perilaku suka berkelahi dari dua siswa, variabel proses yaitu pengubahan tingkah laku suka berkelahi dengan menggunakan Analisis Perubahan Tingkah Laku (APTL), dan variabel out put adalah pengubahan tingkah laku suka berkelahi menjadi perilaku tidak suka berkelahi.
Metode pengumpulan data adalah teknik observasi menggunakan lembar observasi / pengamatan. Data yang diperoleh untuk selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis prosentase.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ternyata teknik Analisis Perubahan Tingkah Laku dapat membantu siswa yang bermasalah karena suka berkelahi menjadi siswa yang mengendalikan diri (tidak suka berkelahi). Subjek Penelitian I perilaku suka berkelahi sebesar 17,5 % dari rata-rata menjadi 3,3 kali setiap minggu. Pada tingkan II mengalami penurunan frekuensi perilaku suka berkelahi sebesar 69,69 % dari rata-rata 3,3 kali menjadi 1 kali setiap minggu. Subjek Penelitian II pada tindakan I mengalami penurunan frekuensi perilaku suka berkelahi sebesar 21,21 % dari rata-rata 3,3 kali menjadi 2,6 kali setiap minggu. Pada tindakan II mengalami penurunan frekuensi perilaku suka berkelahi sebesar 76,9 % dari rata-rata 2,6 kali menjadi 0,6 kali setiap minggu.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku suka berkelahi pada kedua subjek penelitian mengalami perubahan yang signifikan di atas 50 %.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dalam mengatasi permasalahan anak didik khususnya siswa berperilaku suka berkelahi dan para orang tua dalam memberi perhatian, merawat dan mengasuh putra-putrinya.
BK0810100 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain