Skripsi
Keefektifan pembelajaran metode STAD ditinjau dari kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika (suatu penelitian pada kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kramat KabupatenTegal untuk materi lingkaran )
Indonesia :
LIA ISTIANA.2010, "Keefektifan pembelajaran metode STAD ditinjau dari kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika (suatu penelitian pada kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kramat KabupatenTegal untuk materi lingkaran )".
Kata Kunci : Keefektifan,STAD,Kemampuan Numerik,Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;1)ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metode STAD dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositorik dan jika ada manakah yang lebih baik;2)ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika terhadap tingkat Kemampuan Numerik dan jika ada manakah yang lebih baik.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII Semester II tahun pelajaran 2009/2010 di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal dengan jumlah 375 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen (dengan metode pembelajaran STAD) dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol (dengan metode ekspositorik).Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan numerik dan tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 40 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sample penelitian ini.Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara metode STAD dan metode Ekspositorik serta Kemapuan Numerik tinggi dan Kemampuan Numerik rendah menggunakan Uji t pihak kanan.
Hasil dari penelitian ini adalah:1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara pembelajaran menggunakan metode STAD dengan menggunakan metode Ekspositorik dan yang lebih baik adalah metode STAD;2)ada perbedaan prestasi belajar matematika terhadap tingkat Kemampuan Numerik dan yang lebih baik adalah siswa dengan tingkat Kemampuan Numerik tinggi.
Inggris :
LIA ISTIANA.2010. "Efectivenees of applied groups investigation methode is viewed of student interest learn to mathematics achievement. (A research at class VIII for the subject lesson system persamaan linier dua variable in a state secondary school 3 in Bulakamba Brebes).
Keyword : Investigation methode, Interest, Achievement.
The research agreed to viewed that achievement mathematics between class with groups investigation methode and class with ecpocitory methode are be different. The research also viewed that the interest to learn have a effect to learn mathematics achievement.
According to related theory, the hypothesis of this research is there is a significant difference of learning mathematics achievement between class with expocitory methode and class with group investigation methode.
The population of the research are all of eight year students in state secondary school 3 in Bulakamba Brebes, in the academic year 2009/2010, which consists of 200 students which is divided into five classes.
The sample of the research consist of 80 students, which are taken from the population by using cluster random sampling technique. The samples are divided into group, they are VIII B (learn with group investigation methode) and VIII C (learn with expocitory methode).
The instrument for the research are test interest and test evaluation. The writer tried out the instrument by giving a test to 40 students having same competence with the sample of the study.
Data analysis in this research is tested by using anava test with randomized block design methode, to determine whether there is a significant difference in the result of two groups. The result that test data analysis of the research result shows on degree significance of five percent. There is significant difference between student in class with group investigation and students in class with expocitory methode.
The conclusion of the research is that there is significant difference mathematics achievement between student in class with group investigation and students in class with expocitory methode for the students of eigth year SMP Negeri 3 Bulakamba in the first semester in academic year 2009/2010.
PMTK081070 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain