Skripsi
Efektifitas Konseling Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Rokhmawati, Nopi. 2010. NPM : 1106500266, Judul Skripsi Efektifitas Konseling Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci : Konseling Kelompok dan Kemandirian Belajar.
Konseling Kelompok tersebut sangatlah berpengaruh dalam Kemandirian Belajar anak. sehingga faktor konseling kelompok harus bisa dilaksanakan di sekolah dengan efektif agar kemandirian belajar dalam diri anak dapat berjalan dengan baik. Masalah yang muncul adalah apakah terdapat eefktifitas konseling kelompok terhadap kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektifitas konseling kelompok terhadap kemandirian belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini populasinya adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas, yang berjumlah 200 siswa, kemudian penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data untuk kedua variabel adalah konseling kelompok (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan kemandirian belajar (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,45 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 20 diperoleh harga r tabel sebesar 0,44, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas Konseling Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010,
Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat efektifitas antara Konseling Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Saran yang ditujukan untuk sekolah yaitu agar guru pembimbing untuk lebih meningkatkan layanan konseling kelompok di sekolah agar kemandirian belajar di sekolah lebih berjalan efektif.
Inggris :
ROKHMAWATI, NOPI. 2010. NPM: 1106500266, Thesis Title Effectiveness of Group Counseling on Student Independence Senior High School Class X 1 Brebes Wanasari Academic Year 2009/2010.
Keywords: Group Counselling and Learning Independence.
Group counseling is very influential in the child's Learning Independence. so the factor group counseling can be effectively implemented in schools so that learning independence in the child can walk well. The problem that arises is whether there eefktifitas group counseling to students' learning independence. The purpose of this study is to determine how much the effectiveness of group counseling on self study class X High School.
This study population is a tenth grade students of high school, numbering 200 students, then the writer takes samples of 10% of the total population was obtained by 20 students. Collecting data for both variables are counseling groups (independent variables) as the cause variable, and self study (dependent variable) as a result variable. Both of these variables using data collected through questionnaires, documentation, and interviews. Validation Test Items in this research using product moment correlation formula, whereas the reliability study using the technique of splitting two Split-Half. Data were analyzed using product moment correlation.
From the results of data analysis rxy r 0.45, as compared with the table at 5% significance level with N = 20 obtained rates of 0.44 r table, it can be concluded that there is the effectiveness of Group Counseling on Student Independence Senior High School Class X 1 Brebes Wanasari Academic Year 2009/2010,
Conclusion of this research is that there is the effectiveness of Group Counseling on Student Independence Senior High School Class X 1 Wanasari Brebes Academic Year 2009/2010. Suggestions aimed at elementary school guidance counselor in order to further enhance the group counseling services in schools to self study at the school more effective.
BK0810101 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain