Skripsi
Hubungan Keterampilan Guru Dalam Mengajar Mata Pelajaran IPS Dengan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Indonesia :
Kurniawan, Indra 2010. Hubungan Keterampilan Guru Dalam Mengajar dengan Kedisiplinan Belajar Pada siswa Kelas VII Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Tegal Tahun ajaran 2009/2010. Skripsi,Jurusan Pendidikan Ekonomi ,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ,Pembimbing (1) Dr. H Basukiyatno, Mpd, (2) Dra.Daliyati, SE
Kata Kunci :Keterampilan Mengajar Guru,Kedisiplinan Belajar Siswa .
Keterampilan guru dalam mengajar merupakan suatu stimulus yang menghendaki tanggapan dari siswa yang bisa ditanggapi sebagai hal yang positif atau negatif, tergantung siswa yang akan mempersepsikan apakah positif sehinnga motivasi belajarnya akan terkelola dengan baik, sedangkan disiplin dapat membantu kegiatan belajar mengajar, memberikan rasa senang dalam belajar dan dapat meningkatkan hubungan sosial. Untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru dalam mengajar dan kedisiplinan belajar siswa maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagamana gambaran keterampilan guru dalam mengajar IPS (2) Bagaimana kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII SMP 12 Tegal .(3) Apakah ada hubungan antara keterampilan guru dalam mengajar dengan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII SMP 12 Tegal
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru dalam mengajar IPS dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri 12 Tegal tahun ajarn 2009_2010. jumlah kelas VII terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 299 siswa . sedangkan sampel yang diambil sebanyak 20 % dari populasi yaitu sebanyak 46 siswa yang ditetapkan dengan tehnik proposional random sampling .pengumpulan data dilakukan dengan angket dan data yang terkumpul dilakukanuji coba validitas dan reliabilitas untuk mengetahui gugur tidaknya butir angket .
Bardasarkan hasil analisis data diperoleh (1) persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam mengajar IPS dalam kondisi baik yaitu menunjukan pada tingkat prosentase 52,17% (2) kedisiplinan siswa dalam mengajar mata pelajaran IPS dalam kondisi baik dengan tingkat prsentase 50%. (3) ada hubungan antara keterampilan guru dalam mengajar dengan kedisiplinan belajar siswa pada koefisien korelasi 0,623.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi sekolah untuk lebih mempertahankan peraturan secara tegas, konsisten dan konsekuen, para gur disarankan untuk lebih meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar, bagi siswa untuk lebih menyadari pentingnya disiplin.
English :
Indra, Riski 2009. Relasionship between Teacher Teaching Skill of IPS and Disciplinary Student of Learn in Class VII Tegal state 12 Lower Secondary School .Thesis, Departemen of Economic Teaching, Faculty of Teacher and Educational Knowledge, University Pancasakti Tegal, Advisor (1) Dr .H Basukiyatno,Mpd, Dra Daliyati, SE
Keyword :Teacher Teaching Skill, Disciplinary student learn.
Teacher teaching skillis a stimulus that requires response from students that could be taken as as a positive or negative depending on whether students will perseive positif so that the interest and learning motivation can be managed . while discipline can help teach and study activty,make happy for learn and can increase social relation. To know the relationship between skill teacher and disciplinary student learn the problem studied in this research are (1) how is the view of the teacher teaching skill of IPS (2) how do students disciplinary to lean of class VII, Tegal state 12 lower secondary school (3) is there a reliationship between teacher teaching skill with disciplinary student learn .
The purpose of this study to determine relationship between student percetion of the skill
PE081048 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain