Skripsi
Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar Terhadap Keberhasilan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2009 / 2010
Indonesia :
RICKY FACHRUDIN. 2010. Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar Terhadap Keberhasilan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Sma Al Irsyad. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dra. Hj. Faridah, M.Si., Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Keterampilan Guru dalam Mengajar, Keberhasilan Siswa,
Mata Pelajaran Ekonomi
Penulis menetapkan permasalahan dalam penelitian ini yaitu "apakah ada pengaruh keterampilan guru dalam mengajar terhadap keberhasilan siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010 ? sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam mengajar terhadap keberhasilan siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010
Data dianalisis dengan menggunakan alat analisis korelasi product moment, validitas, reliabilitas, regresi, dan uji t yang berguna untuk mengetahui besarnya pengaruh keterampilan guru dalam mengajar terhadap keberhasilan siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dan dengan mengolah data yang ada yaitu data dari hasil penyebaran angket yang telah diisi responden, maka penulis mengambil kesimpulan yaitu : "Hipotesis yang menyatakan : "Diduga ada pengaruh antara keterampilan guru dalam mengajar terhadap keberhasilan siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010, diterima". Dimana hal ini dibuktikan pada hasil perhitungan regresi linier Y = 5.59010089 + 0.86019682 x dan dilanjutkan dengan perhitungan uji t untuk mengetahui besarnya pengaruh keterampilan guru dalam mengajar. Setelah dihitung dengan uji t didapat nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf nyata 0,05 % atau (t hitung 4,60134 ? t tabel (? = 0,05) 2,042 ). Dari hasil tersebut berarti kekuatan pengaruh adalah positif artinya semakin meningkatnya keterampilan guru dalam mengajar, maka semakin meningkat pula keberhasilan siswa dalam belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan guru ini hendaknya tetap dijaga eksistensinya dalam pelaksanaan belajar mengajar, sehingga sesuai dengan rencana pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.
Inggris :
RICKY FACHRUDIN. 2010. Influence Skills Success Against Teacher In Student Teaching Lesson In Economy Class XI Sma Al Ershad. Thesis. Economic Education. Dra. Hj. Faridah, Si, Goddess Amaliah Nafiati, S.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Skills Teachers in the Teaching, Student Success,
Subject Economics
Authors define the problem in this research that is "whether there is influence of teachers in teaching skills to the success of students on the subjects of Economics class XI SMA Al Ershad Tegal Academic Year 2009/2010? so that the objective in this study were: to determine the influence of teachers in teaching skills for student success on the subjects of Economics class XI SMA Al Ershad Tegal Academic Year 2009/2010
Data were analyzed by using a product moment correlation analysis, validity, reliability, regression, and t test that is useful to know the size of the effect of teachers' skills in teaching to student success on the subjects of Economics class XI SMA Al Ershad Tegal Academic Year 2009/2010.
From the results of research conducted and by processing the data that there is
Data from the questionnaire that has been filled respondents, the authors conclude that: "The hypothesis which states:" Presumably there is influence between teachers' skills in teaching to student success on the subjects of Economics class XI SMA Al Ershad Tegal Academic Year 2009/2010, received. " Where this is evidenced in the calculation of linear regression Y = 5.59010089 + 0.86019682 x and t test followed by a calculation to determine the influence of teachers' skills in teaching. Once calculated by t test obtained t value is greater than t table at 0.05% = 0.05) 2.042).? t to t table (?or the real level (4.60134 From these results mean that the power of influence is positive meaning increasing teacher skills in teaching, it also increases student success in learning.
Based on this research, these teachers' skills should be kept in existence in the implementation of learning and teaching, so in accordance with lesson plans and learning goals can be accomplished effectively and efficiently.
PE081049 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain