Skripsi
Efektivitas Media Gambar Dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 02 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Enung Rochaetin,. 2010, Efektifitas Media Gambar dalam Pembelajaran Ekonomi Tergadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010, Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing I : Dr. Yayat Hidayat Amir, Pembimbing II : Dra. Faridah, M.Si.
Kata Kunci : Medi, Gambar, Prestasi, Ekonomi.
Maslah penelitian ini adalah : "Sejauh mana efektivitas media gambar dalam pembelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Dukuhturi Tahun Pelajaran 2009/2010". Sejalan dengan permasalahan tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetrhui efektivitas media gambar dalam pembelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini dapat ditentukan, yaitu siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 363 siswa. Teknik menggunkan sampel purposive. Dalam hal ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPS ekonomi maka perlu dilakukan perbandingan antara prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar (diambil sampil satu kelas sebagai kelompok eksperimen, yaitu siswa kelas VIII sejumlah 20 siswa). Dengan demikian, maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sejumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembeljaran IPD Ekonomi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah efektifitas. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis sebgai berikut : 1) Perolehan nilai t hitung = 3,256 ? t tabel = 2,576 yang berarti ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPS Ekonomi antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan media gambar dengan siswa yang diberikan pembelajaran dengan tidak menggunakan media gambar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. 2) Siswa kelompok eksperemin yang diberikan pembelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan media gambar pembanding yng memiliki prestasi belajar rata-rata (7,76) lebih tinggi daripada siswa kelompok pembandingan yang diberikan pembelajaran IPS Ekonomi dengan tidak menggunakan media gambar (6,64).
Hendaknya pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran secara lebih memadai guna instrumentasi pembelajaran IPS Ekonomi. Penggunaan media gambar akan lebih efektif lagi penggunaannya apabila dipadukan dengan penggunaan audio visual yang berbasiskan teknologi informasi.
PE081050 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain