Skripsi
Analisis Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Edi Purnomo. 2010. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dra. Hj. Faridah, M.Si., Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. 64 halaman.
Kata Kunci : Faktor, Kesulitan belajar, IPS
Kesulitan belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal dipengaruhi oleh berbagai faktor : faktor fisiologis, faktor psikologis, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan dengan adanya penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Talang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Talang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Talang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 239 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 69 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas yang diambil secara acak yaitu kelas XIII D dengan jumlah keseluruhan 49 siswa dan XIII E dengan jumlah keseluruhan 47 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh (7) faktor yang berpengaruh terhadap kesulitan belajar mata pelajaran IPS. Ketujuh faktor tersebut adalah: (1) kondisi jasmani siswa, (2) minat siswa, (3) perhatian siswa, (4) dukungan keluarga, (5) sarana dan prasarana belajar di rumah, (6) dukungan sekolah, dan (7) guru. Ketujuh faktor ini memiliki pengaruh terhadap kesulitan belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar mengajar dan merupakan hal yang penting bagi semua pihak yang terkait dalam proses belajar dan pembelajaran. Diharapkan sekolah dapat memberikan suasana belajar mengajar yang kondusif, dan memberikan layanan bimbingan guna meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Bagi orang tua hendaknya senantiasa memberi semangat, membimbing dan memberi teladan yang baik kepada anaknya dalam belajar, serta menyediakan sarana dan prasarana belajar yang memadai di rumah untuk belajar.
English :
Edi Purnomo. 2010. Difficulty Factors Analysis of student achievement on IPS Subject Class VIII Junior High School 3rd Year 2009/2010 Gutters Tegal regency. Thesis. Economic Education. Dra. Hj. Faridah, M.Si, Goddess Amaliah Nafiati, S.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal. 64 pages.
Keywords: Factors, Learning difficulties, social studies
Difficulty learning social studies subjects eighth grade students of SMP Negeri 3 Talang Tegal regency influenced by various factors: physiological factors, psychological factors, family environment, school environment and community environment. But the truth of this argument needs to be proved by the existence of research in order to obtain accurate answers.
Issues that were examined in this study is what are the factors that affect learning difficulties eighth grade social studies subjects SMP 3 Talang Tegal regency 2009/2010 academic year. This study aimed to find out what are the factors that influence the learning difficulties of the eighth grade social studies subjects SMP 3 Talang Tegal regency 2009/2010 academic year.
The population in this study is the eighth grade junior high school students three Gutters Tegal regency of the school year 2009/2010 239 students. Samples taken a number of 69 students. Sampling using cluster sampling, by taking two classes are drawn at random XIII D class with 49 students total and XIII E with a total 47 students. Data collection tool used in this study is the documentation, questionnaire, and observation.
The results of this study indicate that there are seven (7), factors that affect learning difficulties IPS subjects. The seven factors are: (1) physical condition of students, (2) students 'interest, (3) students' attention, (4) family support, (5) learning facilities at home, (6) support the school, and (7) teachers. These seven factors have an influence on learning difficulties subjects IPS eighth grade students of SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal.
Based on the results of this study concluded that these factors affect learning difficulties the smooth process of teaching and learning is important for all parties involved in the learning process and learning. It is expected that schools can provide a conducive learning atmosphere, and provide counseling services to enhance students' motivation and morale. For parents should always encouraging, guiding and giving a good example to their children in learning, as well as providing learning facilities and adequate infrastructure at home to study.
PE081052 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain